Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kekerasan Melejit, Anak dan Remaja Perempuan Butuh Ruang Aman

Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menyebutkan bahwa dalam kurun waktu 12 tahun terakhir, kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia naik hingga 800 persen.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 19 Maret 2021  |  20:05 WIB
Ilustrasi kekerasan pada perempuan.  - Istimewa
Ilustrasi kekerasan pada perempuan. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - The Body Shop Indonesia dan Yayasan Plan International Indonesia berkolaborasi dengan UN Women bekerja sama meluncurkan proyek Bring Back Equality For Girls dan Setara dengan tema Creating Safe Space for Girls.

Kolaborasi ini bertujuan mendukung kesetaraan perempuan khususnya remaja untuk memperjuangkan haknya agar terlindungi dari berbagai bentuk kekerasan seksual sekaligus meningkatkan kesadaran publik untuk menghentikan kekerasan seksual terhadap perempuan melalui pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual.

Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Yayasan Plan International Indonesia, mengungkapkan dampak kekerasan berbasis gender dapat berakibat fatal bagi tumbuh kembang anak dan kaum muda perempuan.

“Plan [Internasional] Indonesia berkomitmen untuk memberikan perlindungan dan mendorong kesetaraan bagi anak perempuan, salah satunya dengan kolaborasi lintas sektor untuk menciptakan ruang aman yang setara bagi anak dan kaum muda perempuan," katanya dalam siaran pers pada Jumat (19/3/2021).

Dia menambahkan kolaborasi ini merupakan upaya Plan Internasional Indonesia mengurangi angka kekerasan berbasis gender terhadap perempuan di Indonesia. Masih dalam siaran pers yang sama, dituliskan bahwa Indonesia berada dalam kondisi darurat kekerasan seksual.

Hal ini ditunjukkan dalam catatan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) yang menyebutkan bahwa dalam kurun waktu 12 tahun terakhir, kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia naik hingga 800 persen.

Terlebih di saat pandemik Covid-19 melanda, kasus kekerasan berbasis gender online (KBGO) meningkat selaras dengan peningkatan aktivitas di dunia digital.

Lembar Fakta dan Poin Kunci Catatan Tahunan Komnas Perempuan Tahun 2020 menunjukkan bahwa kekerasan berbasis gender online meningkat dari 126 kasus di 2019 menjadi 510 kasus pada 2020.

Bentuk kekerasan yang mendominasi adalah kekerasan psikis 49 persen atau 491 kasus, kekerasan seksual 48 persen atau 479 kasus, dan kekerasan ekonomi 2 persen atau 22 kasus.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kekerasan perempuan kekerasan anak
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top