Ilustrasi kekerasan pada perempuan. /Istimewa
Relationship

Kekerasan Melejit, Anak dan Remaja Perempuan Butuh Ruang Aman

Yudi Supriyanto
Jumat, 19 Maret 2021 - 20:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - The Body Shop Indonesia dan Yayasan Plan International Indonesia berkolaborasi dengan UN Women bekerja sama meluncurkan proyek Bring Back Equality For Girls dan Setara dengan tema Creating Safe Space for Girls.

Kolaborasi ini bertujuan mendukung kesetaraan perempuan khususnya remaja untuk memperjuangkan haknya agar terlindungi dari berbagai bentuk kekerasan seksual sekaligus meningkatkan kesadaran publik untuk menghentikan kekerasan seksual terhadap perempuan melalui pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual.

Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Yayasan Plan International Indonesia, mengungkapkan dampak kekerasan berbasis gender dapat berakibat fatal bagi tumbuh kembang anak dan kaum muda perempuan.

“Plan [Internasional] Indonesia berkomitmen untuk memberikan perlindungan dan mendorong kesetaraan bagi anak perempuan, salah satunya dengan kolaborasi lintas sektor untuk menciptakan ruang aman yang setara bagi anak dan kaum muda perempuan," katanya dalam siaran pers pada Jumat (19/3/2021).

Dia menambahkan kolaborasi ini merupakan upaya Plan Internasional Indonesia mengurangi angka kekerasan berbasis gender terhadap perempuan di Indonesia. Masih dalam siaran pers yang sama, dituliskan bahwa Indonesia berada dalam kondisi darurat kekerasan seksual.

Hal ini ditunjukkan dalam catatan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) yang menyebutkan bahwa dalam kurun waktu 12 tahun terakhir, kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia naik hingga 800 persen.

Terlebih di saat pandemik Covid-19 melanda, kasus kekerasan berbasis gender online (KBGO) meningkat selaras dengan peningkatan aktivitas di dunia digital.

Lembar Fakta dan Poin Kunci Catatan Tahunan Komnas Perempuan Tahun 2020 menunjukkan bahwa kekerasan berbasis gender online meningkat dari 126 kasus di 2019 menjadi 510 kasus pada 2020.

Bentuk kekerasan yang mendominasi adalah kekerasan psikis 49 persen atau 491 kasus, kekerasan seksual 48 persen atau 479 kasus, dan kekerasan ekonomi 2 persen atau 22 kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro