Telur memiliki manfaat yang baik untuk meredakan stres dan kecemasan./Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

Ini Makanan yang Bisa Meredakan Stres dan Kecemasan

Novita Sari Simamora
Sabtu, 20 Maret 2021 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk meredakan kecemasan dan kekhawatiran, maka Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan sehat.

Mengutip dari Medical News Today, Sabtu (20/3/2021), ada 9 makanan yang bisa meredakan stres dan kecemasan, sekaligus meningkatkan suasana hati.

Kacang Brazil

Kacang Brazil kaya akan selenium. Selenium dapat memperbaiki suasana hati, mengurangi peradangan, dan bisa mengatasi orang yang mengalami kecemasan.

Selenium juga merupakan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel. Ini juga anti-karsinogenik, yang membantu mencegah kanker berkembang.

Kacang-kacangan, produk hewani, dan sayuran lainnya, seperti jamur dan kedelai, merupakan sumber selenium yang sangat baik. Kacang Brazil dan kacang-kacangan lainnya juga merupakan sumber vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan.

Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, mackerel, sarden, trout, dan herring, tinggi omega-3. Omega-3 adalah asam lemak yang memiliki hubungan kuat dengan fungsi kognitif serta kesehatan mental.

Rekomendasi saat ini menyarankan mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan berlemak seminggu. Sebuah studi yang dilakukan pada pria menemukan makan salmon tiga kali seminggu mengurangi kecemasan yang dilaporkan sendiri.

Telur

Kuning telur adalah sumber vitamin D. Telur juga merupakan sumber protein yang sangat baik. Ini adalah protein lengkap, artinya mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Telur juga mengandung triptofan, yaitu asam amino yang membantu pembentukan serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter kimiawi yang membantu mengatur suasana hati, tidur, memori, dan perilaku. Serotonin juga dianggap meningkatkan fungsi otak dan meredakan kecemasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro