Cokelat hitam bisa meredakan stres dan kecemasan/popsugar.com
Health

Ini Makanan yang Bisa Meredakan Stres dan Kecemasan

Novita Sari Simamora
Sabtu, 20 Maret 2021 - 14:30
Bagikan

Biji Labu dan Cokelat Hitam

Biji labu

Biji labu adalah sumber potasium yang sangat baik, yang membantu mengatur keseimbangan elektrolit dan mengatur tekanan darah. Konsumsilah makanan yang kaya kalium, seperti biji labu atau pisang, yang dapat membantu mengurangi gejala stres dan kecemasan.

Biji labu juga merupakan sumber mineral zinc yang baik. Satu penelitian yang dilakukan pada 100 siswi SMA menemukan bahwa kekurangan seng dapat berdampak negatif pada suasana hati.

Seng penting untuk perkembangan otak dan saraf. Tempat penyimpanan seng terbesar dalam tubuh berada di daerah otak yang terlibat dengan emosi.

Cokelat hitam

Para ahli telah lama menduga bahwa dark chocolate dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa 40g cokelat hitam membantu mengurangi stres yang dirasakan pada siswa perempuan.

Penelitian lain secara umum menemukan bahwa dark chocolate atau cocoa dapat meningkatkan mood. Namun, banyak dari studi ini bersifat observasional, sehingga hasilnya perlu ditafsirkan dengan hati-hati.

Meskipun masih belum jelas bagaimana cokelat hitam mengurangi stres, cokelat merupakan sumber polifenol yang kaya, terutama flavonoid. Satu studi menunjukkan bahwa flavonoid dapat mengurangi peradangan saraf dan kematian sel di otak serta meningkatkan aliran darah.

Cokelat memiliki kandungan triptofan yang tinggi, yang digunakan tubuh untuk berubah menjadi neurotransmiter peningkat mood, seperti serotonin di otak.

Cokelat hitam juga merupakan sumber magnesium yang baik. Mengonsumsi makanan yang mengandung cukup magnesium atau mengonsumsi suplemen dapat mengurangi gejala depresi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro