Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

YouTube Uji Coba Fitur Deteksi Produk yang Tampil di Video

Bukan YouTube namanya kalau tidak melakukan eksperimen. Kali ini, platform berbagi video besutan Google bereksperimen menggunakan kecerdasan buatan untuk menghadirkan fitur terbaru yang mampu mendeteksi produk-produk yang tampil sebuah video.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 23 Maret 2021  |  19:01 WIB
Kecerdasan buatan. Di salah satu blognya, perwakilan YouTube memberikan sedikit lebih banyak detail tentang bagaimana fitur khusus ini akan diterapkan.  - Youtube
Kecerdasan buatan. Di salah satu blognya, perwakilan YouTube memberikan sedikit lebih banyak detail tentang bagaimana fitur khusus ini akan diterapkan. - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Bukan YouTube namanya kalau tidak melakukan eksperimen. Kali ini, platform berbagi video besutan Google bereksperimen menggunakan kecerdasan buatan untuk menghadirkan fitur terbaru yang mampu mendeteksi produk-produk yang tampil sebuah video.

Tentunya kemampuan tersebut akan sangat membantu pengguna yang ingin mengetahui produk apa saja yang digunakan oleh idolanya di video. Mereka tak perlu lagi bertanya kepada temannya atau mungkin berupaya keras mencari tahu menggunakan mesin pencari.

Melansir The Verge pada Selasa (23/3/2021), Youtube sejak 22 Maret 2021 diketahui sedang menguji coba kemampuan kecerdasan buatan untuk mendeteksi produk-produk yang tampil di sebuah video kepada pengguna di Amerika Serikat. Adapun, versi awal dari kemampuan tersebut sudah diujicoba secara internal sejak awal tahun lalu.

Di salah satu blognya, perwakilan YouTube memberikan sedikit lebih banyak detail tentang bagaimana fitur khusus ini akan diterapkan.

"Kami sedang bereksperimen dengan fitur baru yang menampilkan daftar produk yang terdeteksi di beberapa video, serta produk terkait. Fitur tersebut akan muncul di antara video yang direkomendasikan, untuk penonton yang menggulir ke bawah pemutar video. Tujuannya adalah untuk membantu orang menjelajahi lebih banyak video dan informasi tentang produk tersebut di YouTube," tulis YouTube.

Agaknya, ini adalah langkah yang dimaksudkan untuk memberi Google bagiannya sendiri dari pasar tautan afiliasi yang sangat menguntungkan, sementara juga mengikat perdagangan langsung ke unggahan video.

Daftar ini dapat berfungsi sebagai algoritme rekomendasi kedua, dengan YouTube menyajikan video yang menampilkan produk serupa.
Hadirnya kemampuan kecerdasan buatan untuk mendeteksi produk-produk yang tampil di video kemungkinan juga akan menempatkan YouTube di ruang belanja yang sama dengan platform sosial lainnya seperti Instagram.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

youtube kecerdasan buatan (AI)
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top