Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sinovac Uji Vaksin untuk Anak-anak, Amankah?

Lebih dari 70 juta dosis vaksin Sinovac telah diberikan di seluruh dunia, termasuk di China. Berdasarkan data awal, Sinovac mengatakan bahwa vaksin covid-19 ini aman diberikan untuk anak-anak usia 3-17 tahun dan telah menyerahkan data tersebut ke regulator obat China.
Luke Andaresta
Luke Andaresta - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  14:37 WIB
Vaksin Covid-19 Sinovac beserta jarum suntik terpajang di kawasan Masjid Istiqlal saat vaksinasi di Jakarta, Selasa (23/2/2021). - Antara
Vaksin Covid-19 Sinovac beserta jarum suntik terpajang di kawasan Masjid Istiqlal saat vaksinasi di Jakarta, Selasa (23/2/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA- Lebih dari 70 juta dosis vaksin Sinovac telah didistribusikan ke seluruh dunia, termasuk di China. Berdasarkan data awal, Sinovac mengatakan vaksin Covid-19 ini aman diberikan untuk anak-anak usia 3-17 tahun.

Sinovac telah menyerahkan data tersebut ke regulator obat China.

Melansir dari Fox News, China telah menyetujui penggunaannya pada orang dewasa, tetapi belum digunakan pada anak-anak, karena sistem kekebalan mereka yang dinilai merespons secara berbeda terhadap vaksin.

Direktur Medis Sinovac Gang Zeng mengatakan uji klinis tahap awal dan menengah dengan lebih dari 550 subjek anak-anak usia 3-17 tahun menunjukkan vaksin tersebut akan memicu respons kekebalan.

“Dua penerima mengalami demam tinggi sebagai respon terhadap vaksin, satu anak berusia 3 tahun dan yang lainnya berusia 6 tahun. Subjek uji coba lainnya mengalami gejala ringan,” kata Zeng yang dikutip Bisnis, Kamis (25/3).

Anak-anak jauh lebih kecil kemungkinannya untuk sakit parah karena Covid-19, tetapi mereka masih berisiko dan dapat menyebarkan virus. Sementara kampanye vaksinasi di seluruh dunia difokuskan untuk orang dewasa, anak-anak juga perlu diimunisasi untuk turut mengurangi dampak virus Covid-19.

Sementara itu, vaksin Pfizer diizinkan untuk digunakan mulai usia 16 tahun dan sedang diteliti pada usia 12-16 tahun. Sama halnya dengan Sinopharm juga sedang menyelidiki keefektifan vaksinnya pada anak-anak. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa telah menyerahkan data klinis kepada pemegang regulasi pada bulan Januari lalu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksinasi Sinovac
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top