Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TikTok Eksplorasi Format Film Vertikal Lewat Film 'X&Y'

Sebagai platform kreatif yang sedang naik daun, TikTok terus mencari cara agar tetap relevan di antara penggunanya antara lain melalui eksplorasi fitur hingga format konten digital.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 29 Maret 2021  |  20:48 WIB
Film 'X&Y' mengangkat cerita romansa tentang Omar, merepresentasikan sumbu Y, yang memendam rasa kepada Winda, si sumbu X yang ternyata mempunyai langkah ke arah yang berbeda.  - TikTok
Film 'X&Y' mengangkat cerita romansa tentang Omar, merepresentasikan sumbu Y, yang memendam rasa kepada Winda, si sumbu X yang ternyata mempunyai langkah ke arah yang berbeda. - TikTok

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai platform kreatif yang sedang naik daun, TikTok terus mencari cara agar tetap relevan di antara penggunanya antara lain melalui eksplorasi fitur hingga format konten digital.

Dalam rangka memperingati Hari Film Nasional, TikTok berkolaborasi dengan Studio Antelope meluncurkan film pendek vertikal pertama di TikTok Indonesia Film berjudul X&Y.

Film pendek vertikal X&Y ini akan tayang di TikTok mulai 29 Maret-4 April 2021 yang dibagi dalam 6 chapter di akun TikTok resmi @tiktokofficialindonesia.

Sutradara film X&Y yang juga merupakan pendiri Studio Antelope, Jason Iskandar, mengutarakan bahwa eksplorasi format film vertikal dipengaruhi oleh penggunaan smart phone yang meningkat dan membuat pengguna terbiasa dan lebih nyaman melihat video dalam format vertikal.

Beberapa riset bahkan mengatakan jika engagement rate dan video completion dari video vertikal lebih tinggi daripada video horizontal.

"Kolaborasi bersama TikTok ini memberikan suatu tantangan sekaligus kesempatan bagi kami dari industri film untuk mengeksplorasi suatu cerita film ke dalam format dengan aspect ratio yang lebih ramping, yang tentunya memberikan pengalaman unik dan berbeda dibanding menonton film dalam format horizontal," kata Jason dalam acara peluncuran film yang dilaksanakan secara virtual, Senin (29/3/2021).

Film X&Y mengangkat cerita romansa tentang Omar, merepresentasikan sumbu Y, yang memendam rasa kepada Winda, si sumbu X yang ternyata mempunyai langkah ke arah yang berbeda.

Film ini dibintangi oleh Jourdy Pranata yang berperan sebagai Omar, dan Arawinda Kirana sebagai Winda, yang beberapa waktu lalu terpilih sebagai Aktris Pendatang Baru Terpilih di Piala Maya 2021.

Tidak hanya dibintangi aktor dan aktris profesional, film ini juga melibatkan kreator-kreator TikTok yang memiliki bakat di bidang akting, mereka adalah Dwynna Win sebagai Chelsea, Avan the Love sebagai Mas Yos, dan Giovani Divaldhi sebagai Vano.

Lagu berjudul Terpikat Senyummu dari kreator musik Brigita Meilala yang merupakan original song dari TikTok pun menjadi soundtrack film ini.

"Kolaborasi bersama sutradara profesional dan berbakat, seperti Jason Iskandar ini diharapkan menjadi titik mula bagi peran TikTok di dunia entertainment terutama perfilman Indonesia," ujar Angga Anugrah Putra, Head of Content and Operations, TikTok Indonesia.

Sebagai destinasi video singkat yang penuh kreativitas, TikTok berharap film X&Y dapat menginspirasi masyarakat Indonesia mengeksplor fitur-fitur di TikTok untuk storytelling sekaligus memberikan wadah bagi para kreator berbakat untuk membangun karir mereka di dunia entertainment di Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

film indonesia TikTok
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top