Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Intip 12 Fitur Rahasia WhatsApp, Sudah Coba Belum?

Selama bertahun-tahun, platform milik Facebook telah berevolusi untuk mengintegrasikan lebih banyak alat untuk menghubungkan jutaan penggunanya di seluruh dunia.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 31 Maret 2021  |  09:20 WIB
WhatsApp - Androidpit
WhatsApp - Androidpit

Bisnis.com, JAKARTA - Kini hampir semua pengguna ponsel pintar memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai sara berkomunikasi. Meskipun banyak aplikasi komunikasi online serupa, namun WhatsApp ini lebih populer ketimbang aplikasi lainnya.

Melansir dari entrepreneur, WhatsApp lahir pada tahun 2009 dan sekarang menjadi layanan pesan instan paling aktif di dunia.

Selama bertahun-tahun, platform milik Facebook telah berevolusi untuk mengintegrasikan lebih banyak alat untuk menghubungkan jutaan penggunanya di seluruh dunia. Namun, tidak banyak yang tahu bila aplikasi ini memiliki fitur rahasia untuk digunakan.

Berikut 12 fungsi rahasia WhatsApp yang dapat Anda gunakan saat ini :

1. Ubah Format Teks di WhatsApp

Anda dapat membuat gaya yang berbeda ke format penulisan pesan seperti huruf tebal, miring atau coret. Hanya perlu menambahkan beberapa karakter sebelum dan sesudah teks: * tebal *, cursive dan ~ dicoret ~.

2. Pesan Sementara

Anda dapat mengirim pesan yang akan hilang secara otomatis dengan mengaktifkan fitur pesan sementara. Pesan yang dikirim akan menghilang sendiri setelah dibaca dan melewati batas waktu. Fitur ini berfungsi untuk melindungi informasi berharga. Untuk menggunakan fungsi ini caranya :
-Sentuh nama kontak di dalam obrolan
-Pilih opsi Pesan
-Hidupkan mode Pesan Sementara.

3. Sorot Pesan

Apakah ingin pesan tersebut tidak tenggelam oleh pesan lain? Dengan fungsi Sorot pesan, Anda dapat menandainya dengan bintang dengan menekannya sebagai favorit. Dengna begitu akan mudah untuk menemukannya meskipun telah ada pesan baru yang masuk.

4. Bagaimana mengetahui jam berapa pesan dibaca

Apakah ingin tahu jam berapa pesan Anda dibaca? Yang harus dilakukan adalah menekannya dan menggeser jari Anda ke kiri. Anda juga dapat memilih opsi Info dari menu tiga titik. Dalam kedua pilihan tersebut akan dapat melihat waktu pesan dikirim, diterima, dan dibaca.

5. Tidak Menyimpan Foto dan Video Otomatis

Akan menyebalkan bila memori ponsel dipenuhi dengan foto dan video yang dikirimkan kepada WhatsApp. Agar tak mengunduh secara otomatis dapat di cegah. Anda hanya perlu membuka menu pengaturan aplikasi dan memilih Obrolan. Di sana, pilih menu menonaktifkan opsi visibilitas file multimedia.

6. Menghilangkan Koneksi WhatsApp Terakhir Anda

Jika Anda tidak ingin orang tahu kapan terakhir kali Anda terhubung, WhatsApp menawarkan opsi untuk menonaktifkan informasi ini. Untuk itu Anda harus membuka menu Settings, pilih Account lalu Privacy untuk menonaktifkan Last Seen. Anda juga dapat memilih disembunyikan dari semua kontak Anda atau memilih beberapa saja. Ingatlah, baik untuk memiliki setidaknya satu kontak yang tahu kapan koneksi terakhir Anda untuk alasan keamanan.

7. Tandai Percakapan Menjadi Belum Dibaca

Jika Anda tidak ingin lupa menjawab seseorang, Anda hanya perlu mengklik obrolan selama beberapa detik dan memilih opsi Tandai sebagai belum dibaca.

8. Ketahui Siapa Kontak Favorit Anda

Dengan alat ini Anda akan dapat mengetahui kontak mana yang paling sering Anda hubungi. Ini juga memungkinkan untuk mengelola penyimpanan internal Anda. Anda hanya perlu masuk ke Pengaturan, lalu Penyimpanan data dan terakhir penggunaan Penyimpanan.

9. Dengarkan Audio Sebelum Mengirimnya

Jika merasa tidak nyaman dengan suara sendiri saat menggunkan fitur voice note, Anda dapat meninjau audio sebelum mengirimnya. Trik ini dilakukan ketika Anda mulai merekam audio dan ketika ingin menghentikannya, segera keluar dari aplikasi sambil menekan tombol rekam. Begitu masuk kembali ke percakapan, Anda akan melihat bahwa audio masih ada dan Anda dapat mendengarkan, mengirim atau menghapusnya.

10. Pemberitahuan Pribadi

Ini adalah opsi yang bagus untuk mengetahui dengan tepat siapa yang mengirimi Anda pesan WhatsApp berkat nada yang dipersonalisasi. Yang harus Anda lakukan adalah pergi ke obrolan yang dimaksud, klik namanya dan cari opsi ‘Nada yang dipersonalisasi’ dan pilih yang paling Anda sukai.

11. Latar Belakang Khusus

Background juga dapat diatur untuk menyesuaikan setiap obrolan. Anda dapat menggunakan Bgambar khusus atau dengan gambar yang telah disediakan WhatsApp untuk mode gelap atau terang. Untuk melakukan ini, Anda tinggal masuk ke menu Settings, lalu ke Chats dan pilih opsi Wallpaper. Di sana akan menemukan semua gambar yang tersedia dan Anda dapat mengatur kecerahan layar Anda.

12. Menjadi Penguji Beta Whatsapp

Anda mungkin tertarik menjadi penguji beta untuk menjadi salah satu orang pertama yang menguji fungsi baru yang dirilis oleh aplikasi. Meskipun masih versi beta, ada banyak fitur baru WhatApp baru ini, salah satunya Dark mode.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

whatsapp fitur
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top