Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sambut Ramadan, Ini 10 Tradisi di Indonesia

Munggahan adalah kebiasaan yang dilakukan oleh suku Sunda untuk menyambut datangnya bulan Ramadan.
Hanafi Nurmahdi
Hanafi Nurmahdi - Bisnis.com 06 April 2021  |  16:43 WIB
Warga berbelanja berbagai kebutuhan pokok dan bumbu pada hari meugang Ramadan di pasar tradisional, Peunayong, Banda Aceh, Sabtu (4/6).  - Antara
Warga berbelanja berbagai kebutuhan pokok dan bumbu pada hari meugang Ramadan di pasar tradisional, Peunayong, Banda Aceh, Sabtu (4/6). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam hitungan hari kedepan, kita sebagai masyarakat muslim akan kembali memasuki bulan Ramadan.

Di Indonesia, perayaan dalam menyambut Ramadan yang dimana masyarakatnya mayoritas muslim bermacam-macam di berbagai daerah. Berikut ini tradisi menyambut Ramadan dari berbagai daerah di indonesia:

1. Munggahan

Munggahan adalah satu kegiatan berkumpul bagi anggota keluarga, sahabat dan bahkan juga teman-teman. Tradisi ini adalah kebiasaan yang dilakukan oleh orang sunda dalam menyambut datangnya bulan Ramadan. Biasanya tradisi ini dilakukan oleh hampir semua golongan masyarakat walaupun dengan cara yang berbeda-beda.

2. Nyorog

 Di Betawi, tradisi “Nyorog” atau membagi-bagikan bingkisan makanan kepada anggota keluarga yang lebih tua menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan sebelum datangnya bulan Ramadan. Meski istilah Nyorog mulai menghilang, namun kebiasan mengirim bingkisan sampai sekarang masih ada di dalam masyarakat Betawi.

3. Balimau

Tradisi Balimau hampir sama dengan tradisi padusan, yakni membersihkan diri dengan cara berendam atau mandi bersama-sama di sungai atau tempat pemandian. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Padang yang biasanya dilakukan mulai dari matahari terbit hingga terbenam beberapa hari sebelum bulan Ramadan.

4. Jalur pacu

Di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, masyarakatnya memiliki tradisi yang mirip dengan lomba dayung. Tradisi ini digelar di sungai-sungai di Riau dengan menggunakan perahu tradisional.

5. Meugang

Warga Aceh menyambut datangnya bulan suci Ramadan dengan menyembelih kambing atau kerbau. Tradisi ini sudah ada sejak tahun 1400 Masehi, atau sejak zaman raja-raja Aceh. Tradisi makan daging kerbau atau kambing ini dilakukan oleh seluruh warga Aceh.

6. Padusan

Masyarakat Klaten, Boyolali, Salatiga dan Yogyakarta biasa melakukan upacara berendam atau mandi di sumur-sumur atau sumber mata air. Makna tradisi ini agar jiwa dan raga seseorang yang akan melakukan ibadah puasa bersih secara lahir dan batin.

ritual sebelum ramadan padusan meugang jelang puasa

7. Dugderan

Tradisi Dugderan ini sudah menjadi pesta rakyat. Yang juga dirayakan dengan tari japin, arak-arakan, hingga tabuh bedug. Untuk tetap mempertahankan suasana seperti pada jamannya, dentuman meriam kini biasanya diganti dengan suara-suara petasan atau bleduran.

8. Dandangan

Perayaan tradisi ‘Dandangan’ merupakan sebuah tradisi di kota Kudus yang diadakan menjelang kedatangan bulan suci Ramadan. Dandangan merupakan pasar malam yang diadakan di sekitar Menara Kudus.

9. Malamang

Di sini, masyarakat berkumpul dan bergotong royong membuat nasi lemang pada ruas-ruas bambu yang telah dipotong-potong. Tradisi ini biasanya dilakukan dua hari menjelang Ramadan. Dan hasil lemang yang dimasak tadi akan dijadikan hantaran ke rumah orang tua dan mertua sebagai permohonan maaf.

10. Megengan

Di Surabaya, Megengan ditandai dengan makan apem. Tradisi makan apem ini untuk memaknai permintaan maaf kepada sesama saudara, kerabat, dan teman. Sebetulnya, yang terjadi bukanlah sekadar tradisi makan apem, melainkan melaksanakan selamatan atau tahlilan dengan hidangan apem dan lainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tradisional Ramadan meugang
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top