Cacar ular. Obat penguat daya tahan tubuh termasuk vitamin C, B6, dan B12 patut ditambahkan karena penyakit ini berpengaruh pada daya tahan tubuh.  /Unair.ac.id
Health

Catat! Begini Cara Menangani Cacar Ular

Desyinta Nuraini
Sabtu, 10 April 2021 - 16:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Herpes zoster atau cacar ular perlu segera ditangani. Jika tidak, rasa tidak nyaman atau menyakitkan yang cukup lama akan dialami penderitanya.

Gejala awal dari herpes zoster yang juga memiliki sebutan lain sebagai cacar api ini seringkali tidak kelihatan namun dapat dirasakan seperti timbulnya rasa gatal, kesemutan, dan sensasi terbakar pada kulit. Beberapa hari kemudian, ruam merah (lesi) yang membentuk gelembung berisi cairan (bintil) muncul dan butuh waktu hingga sekitar 30 hari sampai seluruh bintil ini menghilang dengan sendirinya.

Spesialis Kulit dan Kelamin RS Bina Husada Emil R. Fadly mengatakan apabila seseorang terkena herpes zoster dan telah mengalami bintil, bisa menggunakan bedak antigatal sebagai pendingin dan meminimalkan hasrat untuk menggaruk bintil agar tidak pecah. 

"Kalau pecah, nanti masuk bakteri. Jadi, kita hadapi infeksi virus dan bakteri. Nanti double cover, pakai antivirus yang mahal dan antibiotik yang juga mahal," ujarnya saat dihubungi Bisnis, baru-baru ini.

Kalaupun sudah pecah dan terinfeksi, lesi ditangani lebih lanjut dengan cara dikompres menggunakan cairan infus NaCl agar sembuh lebih cepat. "Ini terapi tropikal," imbuhnya.

Kata Emil, terapi juga bisa dilakukan dengan oral menggunakan Asiklovir. Pemberian tergantung penilaian dokter. Biasanya diberikan 5×400 mg per hari atau 5×800 mg selama 5-7 hari.

Antivirus lainnya yakni valasiklovir yang bisa diberikan 3×1.000 mg per hari atau 3×500 mg selama 5-7 hari tergantung penilaian lain. Obat lain yang bisa diberikan yakni obat simptomatik atau obat yang diberikan berdasarkan gejala klinis yang timbul.

"Misal karena ada peradangan kita kasih obat antiperadangan seperti golongan asam mefenamat," jelas Emil.

Obat penguat daya tahan tubuh termasuk vitamin C, B6, dan B12 patut ditambahkan karena penyakit ini berpengaruh pada daya tahan tubuh. 

Seluruh terapi ini pada dasarnya berfungsi untuk mempercepat penyembuhan, menghindari infeksi oleh bakteri, dan menghindari terjadinya nyeri pasca herpes. "Penyembuhan tergantung dari banyaknya lepuh yang terjadi," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro