Proses vaksinasi Covid-19 di Kota Kediri, Jawa Timur./Antara
Health

Tips Vaksinasi Covid-19 saat Puasa Ramadan

Nugroho Meidinata
Kamis, 15 April 2021 - 14:25
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Pakar patologi dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dr Tonang Dwi Ardyanto membagikan tips vaksinasi Covid-19 saat Ramadan.

Menurut dia, vaksinasi adalah bagian dari ikhtiar untuk menangani Covid-19, oleh karena itu dia mengajak masyarakat agar vaksinasi diniatkan dengan baik, sehingga akhirnya membantu mengatasi pandemi,” ujarnya, Selasa (13/4/2021).

Secara prinsip, menurut Tonang, masyarakat tidak perlu ragu vaksinasi Covid-19 di siang hari saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

“Terpenting kita harus yakin bahwa kondisi kita harus fit. Kalau nanti saat puasa sudah waktunya mendapat vaksinasi, istirahat yang cukup dan jangan lupa sahur,” imbaunya.

Tidak hanya bagi masyarakat yang sehat, bagi masyarakat yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) juga masih bisa melakukan vaksinasi Covid-19 saat puasa.

“Bagi yang memiliki komorbid seperti diabetes, sebetulnya sebelum ada vaksinasi sudah ada petunjuk bagaimana menjalankan puasa sebagai seorang pasien diabetes. Petunjuk itu yang harus dijalani, prinsipnya tidak perlu takut untuk divaksinasi, kalau ragu berkonsultasilah dengan dokter saat tiba waktunya divaksinasi,” jelasnya.

Menurut Tonang, asal proses skrinning yang dilakukan petugas lolos, lansia yang menjalani vaksinasi saat puasa aman dilakukan.

Bukan hanya soal vaksinasi, Tonang mengingkatkan disiplin protokol kesehatan saat beraktivitas di bulan puasa Ramadan.

“Kita bisa berangkat ke masjid dengan penuh kehati-hatian. Menurut saya ada dua kunci utama menerapkan protokol kesehatan di dalam masjid, yakni disiplin dalam mengenakan masker dan mencuci tangan. Dua protokol kesehatan ini apabila dijalankan sambil berusaha semaksimal mungkin dalam menjaga jarak, manfaatnya sangat besar,” beber dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Sumber : Solopos
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro