Kanker payudara. /hindustantimes.com
Health

KlikDokter Buka Layanan Telemedicine Khusus Kanker

Desyinta Nuraini
Rabu, 21 April 2021 - 20:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - KlikDokter dan One Onco menghadirkan layanan konsultasi online atau telemedicine untuk mengatasi penyakit kanker. Melalui layanan ini deteksi dini dan pengobatan kanker bisa lebih dikenali secara luas. 

Direktur Utama KlikDokter Dino Bramanto mengatakanKlikDokter sebagai salah satu platform digital kesehatan yang sudah hadir sejak 2008 memiliki tujuan memberikan kemudahan akses layanan kesehatan, edukasi, dan konsultasi (live chat) yang bisa menjangkau seluruh penduduk Indonesia.

Kali ini kesempatan itu juga ingin diberikan bagi mereka yang mengetahui lebih jelas tentang kanker dan cara pengobatannya. 

"Dengan dukungan IDI dan bertepatan dengan hari Kartini, kami meluncurkan layanan khusus online secara gratis dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB setiap hari untuk membantu pengguna mendeteksi dini kanker, sehingga kanker bisa dicegah sejak dini,” ujar Dino saat konferensi pers virtual, Rabu (21/4/2021).

Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia dr. Daeng M Faqih menjelaskan dalam menghadapi kanker, banyak hal yang harus dilakukan.

Pertama, saat ini banyak masyarakat yang masih belum mengetahui aspek kanker, salah satunya aspek mengenai bagaimana secara dini mendeteksi kanker. "Deteksi dini itu kunci. Kalau deteksinya terlambat kanker kemudian menjadi penyakit lebih berat, stadium jauh lebih berat bahkan menjalar kemana-mana maka kesakitan atau kemungkinan penyembuhan sangat sulit," tuturnya. 

Oleh karena itu, masyarakat harus mendapat informasi dengan baik terkait deteksi dini kanker.

Kedua, banyak masyarakat yang tidak sadar jika dia mengidap kanker. Terkadang gejala-gejala yang dialami dianggap penyakit biasa. Dalam banyak kasus, pengidap kanker pun kerap tidak mengetahui harus kemana dan seperti apa dia berobat. 

Akhirnya pengobatan alternatif dipilih yang nyatanya tidak mengatasi kanker yang dimilikinya. Oleh karena itu, penting adanya interaksi antara pengidap kanker dan dokter untuk penanganan dan informasi yang tepat.

Ketiga, Daeng melihat penderita kanker senantiasa ingin didampingi karena pengobatan yang berjalan bukan sekali-dua kali. Dia yakin dengan adanya pendampingan termasuk dalam layanan konsultasi online, problem psikologis dan sosial yang kerap menerpa penderita kanker juga dapat diatasi. 

"Saya yakin secara psikologis merasa terdorong, merasa digembirakan, dikuatkan karena selalu merasa didampingi melalui layanan telemedicine," tegasnya.

Dokter Spesialis Onkologi RS Omni Alam Sutra dr. Denni Joko Purwanto menyebut dengan adanya layanan platform digital atau telemedis seperti KlikDokter dan One Onco, ini memudahkan masyarakat untuk melakukan konsultasi tentang kanker antara dokter dan pasien tanpa harus tatap muka khususnya di era pandemi Covid-19. 

Project Senior Manager One Onco PT Kalbe Farma Tbk Yoppy Hadi Soeyanto menjelaskan melalui kolaborasi One Onco dengan KlikDokter ini, pihaknya berupaya membantu pemerintah dan masyarakat untuk menurunkan angka kejadian penyakit kanker di Indonesia.

Sesuai data Globocan 2020,  empat kasus baru kanker di dunia didominasi oleh payudara, paru, kolon dan prostat. Sedangkan di Indonesia kasus kanker didominasi oleh payudara, serviks, paru dan kolon.

Kematian akibat kanker di seluruh dunia lebih tinggi dibanding penyakit jantung dan stroke. Total kematiannya juga lebih tinggi daripada TBC, malaria, dan Aids. "Jumlah ini terus meningkat hingga diperkirakan mencapai lebih dari 2 kali lipat dalam 20 tahun dan 70 persen terjadi di negara berkembang," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro