Depresi/cadasorg
Health

Waspada, Ini 8 Tanda Kamu Sudah Mengalami Depresi Tanpa Sadar

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 22 April 2021 - 14:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menghadapi pandemi masif yang telah menyebar ke seluruh dunia ini, tidak diragukan lagi kita semua sangat menderita.

Dan dengan berada di rumah, lebih sedikit aktivitas, lebih sedikit interaksi sosial, kita semua mulai merasa 'depresi'. Nah, sadness adalah fase yang berakhir dalam beberapa hari tapi saat kita bilang tertekan, istilah ini bukan sadness yang biasa.

Depresi adalah kondisi medis di mana seseorang merasa sakit mental dan tidak mampu mengambil keputusan, berfungsi secara normal, mendapatkan tidur yang nyenyak, dll.

Untuk mempermudah Anda, Dr Anuneet Sabharwal, MBBS, MD Psikiater juga Pendiri dan Direktur di The Happy Tree, berbicara tentang bagaimana Anda dapat melakukan pemeriksaan diri terhadap depresi dan mengatasinya seperti dilansir dari PinkVilla berikut ini:

1. Merasa sedih sepanjang waktu

Jika Anda merasa seperti ini hampir setiap hari dan di sebagian besar hari Anda, maka itu menjadi perhatian. Anda mungkin sering mendapati diri Anda duduk sendiri, memikirkan sesuatu, dan lupa di mana Anda berada dan apa yang sedang Anda lakukan.

2. Kurang minat

Jika Anda tidak tertarik melakukan sesuatu yang biasanya Anda suka lakukan seperti menari, memasak, membaca, dll., Maka itu masalah yang perlu diperhatikan. Ketika Anda sedih dan Anda melakukan aktivitas favorit Anda, Anda akan merasa baik tetapi jika itu adalah kasus depresi, apa pun yang Anda lakukan, Anda tidak akan merasa baik.

Ketidakmampuan untuk fokus pada apa pun yang Anda lakukan dan mengambil keputusan

Pernahkah Anda mendapati diri Anda duduk dan melakukan sesuatu dan kemudian Anda benar-benar keluar? Nah, jika hal ini sering terjadi pada Anda, mungkin itu pertanda Anda mengalami depresi. Juga, dalam depresi, Anda tidak dapat membuat keputusan yang paling sederhana sendiri seperti apa yang akan Anda makan untuk makan siang.

3. Sulit tidur atau terlalu banyak tidur

Dalam depresi, baik seseorang menghilangkan tidur dan terus berpikir berlebihan atau dia tidur untuk menghindari kontak dan interaksi sosial.

4. Merasa lelah sepanjang waktu

Anda mungkin tidak melakukan apa pun sepanjang hari namun merasa sangat lelah. Inilah tepatnya yang dilakukan depresi terhadap Anda. Itu hanya karena meskipun Anda tidak melakukan apa pun secara fisik, pikiran Anda terus-menerus berpikir dan itulah yang membuat Anda merasa sangat lelah.

5. Merasa kehilangan motivasi dan putus asa

Dalam depresi, ada perasaan putus asa dan tidak ada motivasi sama sekali. Anda akan merasa putus asa apa pun yang Anda lakukan, itu tidak akan membuat perbedaan, oleh karena itu, Anda juga membuang ide untuk mencoba.

6. Merasa tidak berharga dan bersalah

Ketika seseorang mengalami depresi, dia selalu berpikir tentang betapa buruknya mereka, mereka memiliki banyak keraguan dan rasa bersalah.

7. Tidak merasa lapar atau makan berlebihan

Perubahan nafsu makan adalah masalah utama yang terjadi dalam depresi.

8. Sering memikirkan tentang kematian

Ketika Anda merasa sedih sepanjang waktu, Anda tidak memiliki harapan dan motivasi, Anda akhirnya akan berpikir bahwa mengakhiri hidup Anda adalah pilihan terbaik dan paling sederhana.

Jadi, ini semua adalah gejala penting yang dengannya seseorang dapat mengetahui apakah mereka sedih atau tidak. Sekarang, untuk mempraktikkan tes diri dan mengetahui apakah itu depresi, Anda mencatat semua gejala yang tercantum di atas dan melihat apakah salah satu atau mungkin semuanya sering terjadi belakangan ini.

Ada banyak tes online yang tersedia bagi Anda untuk melihat apakah Anda memiliki masalah medis ini atau tidak.

Meskipun mereka tidak selalu dapat diandalkan, Anda harus mendapatkan bantuan medis. Terakhir, depresi bukanlah masalah yang tidak bisa diperbaiki. Ini adalah gangguan mood yang bisa diobati dengan konseling, aktivitas, dan pengobatan yang tepat.

Jadi, jangan khawatir sama sekali. Jika Anda tahu Anda mengalami depresi, itu adalah pertempuran yang setengah dimenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro