Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anda Sering Dilanda Kecemasan? Cobalah Mengonsumsi Makanan Ini

Penderita depresi dan kecemasan sering kali memiliki kadar triptofan yang rendah.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 April 2021  |  07:36 WIB
Cemas - hipnoterapi.com
Cemas - hipnoterapi.com

Bisnis.com, JAKARTA — Tingkat serotonin telah lama dikaitkan dengan kebahagiaan. Selain itu, tingkat serotonin yang tepat juga dapat membuat Anda merasa lebih tenang, lebih fokus, dan tidak terlalu mengalami kecemasan.

Pencernaan kita menghasilkan 90 persen serotonin, jadi tidak mengherankan jika makanan yang kita makan memengaruhi perasaan kita. Kadar serotonin yang rendah telah dikaitkan dengan depresi dan mengganggu tidur dan nafsu makan Anda.

Salah satu cara untuk meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi asam amino triptofan, menurut Medical News Today. Triptofan berkontribusi pada produksi serotonin dan sering ditemukan dalam makanan kaya protein.

Healthline mengatakan bahwa penderita depresi dan kecemasan sering kali memiliki kadar triptofan yang rendah. Namun, salah satu cara untuk mengatasinya bisa dengan mengonsumsi makanan tinggi triptofan. Melansir laman Insider, Medical News Today telah menyusun daftar makanan yang harus ada di daftar belanja berikutnya.

Makanan kaya Triptofan

  1. Unggas

Daging cenderung tinggi protein dan juga merupakan pilihan yang baik untuk triptofan. Namun, kalkun Thanksgiving terkadang mendapat reputasi buruk karena membuat orang mengantuk. Bukan daging itu sendiri yang membuat orang mengantuk, melainkan ukuran makanannya. Dalam porsi yang lebih kecil, unggas adalah pilihan yang baik untuk makan daging karena juga lebih rendah lemak.

  1. Telur

Telur kaya akan triptofan. Selain itu, telur juga mengandung vitamin A, B12, dan selenium dalam jumlah yang signifikan. Kuning telur juga merupakan sumber kolin yang baik, nutrisi penting yang mungkin sangat penting dalam kehamilan, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine.

  1. Ikan salmon

Selain sebagai sumber triptofan, menurut Healthline, salmon merupakan sumber asam lemak, Omega 3, dan vitamin D.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian adalah sumber triptofan yang sangat penting bagi vegetarian dan vegan, yang mungkin tidak dapat makan beberapa makanan lain dalam daftar ini. Biji labu, rami, dan chia dapat dengan mudah ditambahkan ke salad, yogurt, dan sereal, menyediakan antioksidan, serat, dan vitamin.

  1. Kacang-kacangan

Kacang juga akan membantu Anda meningkatkan kadar serotonin karena mengandung triptofan. Kacang juga merupakan sumber penting lemak tak jenuh tunggal, protein, dan mineral serta vitamin tertentu yang penting untuk berfungsinya tubuh.

  1. Produk berbahan dasar kedelai

Makanan penting lainnya untuk vegetarian dan vegan adalah produk berbahan dasar kedelai. Tahu, susu kedelai, atau kecap adalah sumber triptofan.

  1. Produk susu

Susu dan produk susu juga dapat memberikan dorongan triptofan untuk mengatasi kecemasan. Mereka juga merupakan sumber kalsium dan vitamin A, D, dan E.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cemas Salmon

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top