Persahabatan pria dan perempuan
Relationship

Waspada! 9 Tanda Teman Dekat Coba Menyaingi Anda

Newswire
Minggu, 25 April 2021 - 21:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki sahabat atau teman yang mendukung sepenuhnya pada kemampuan diri kita merupakan dambaan setiap orang. Namun, bagaimana jika teman dekat tersebut ternyata "musuh dalam selimut" yang ternyata justru ingin menyaingi Anda?

Mengambil inspirasi atau menjadikan apa yang dilakukan teman sebagai patokan sebenarnya sah-sah saja. Namun, tensi akan menjadi naik ketika hubungan tersebut justru menimbulkan persaingan antara Anda dengan teman dekat.

Dikutip dari Tempo.com, Anda mungkin tidak menyadari persaingan yang terjadi. Meski demikian, persaingan bisa jadi rahasia dan sepihak, didorong oleh ego dan motif tersembunyi teman Anda.

Untuk membantu mengetahui apakah teman dekat mencoba bersaing dengan Anda secara halus atau rahasia, berikut ini 9 hal yang patut Anda waspadai seperti dilansir dari laman Boldksy.

1. Sabotase Kesuksesan
Salah satu tanda yang menunjukkan bahwa teman bersaing dengan Anda adalah bahwa dia sering mencoba menyabotase kesuksesan Anda. Misalnya merasa teman dekat sedang mencoba membuat Anda percaya bahwa Anda tidak bisa sukses atau melakukan sesuatu yang lebih baik. Ini tandanya dia mungkin mencoba mengalihkan Anda dari tujuan Anda.

2. Senang dengan Kegagalan Anda
Ada saat-saat ketika Anda mungkin tidak berhasil dalam sesuatu. Saat inilah Anda dapat mencari bantuan dan dukungan dari teman Anda. Anehnya, Anda justru menemukan dia terlihat bahagia dan tersenyum. Ini bisa berarti teman Anda adalah seseorang yang ingin bersaing dengan Anda.

3. Jarang Merayakan Kesuksesan
Apakah teman dekat benar-benar merayakan kesuksesan Anda dan tampak senang melihat Anda melakukan yang terbaik dalam karier? Jika tidak, bisa jadi karena dia sedang mencoba bersaing dengan Anda.

Alih-alih bahagia atas pencapaian Anda, dia justru berpura-pura bahagia dan mencari cara untuk lebih cemerlang dari Anda. Bahkan, dia sering menemukan alasan yang tidak tepat untuk menghindari merayakan kesuksesan Anda.

4. Selalu Meniru
Tidak peduli apakah Anda belajar memasak atau membeli baju baru, dia akan melakukan hal yang sama. Terkadang, Anda mungkin merasa dia mengambil inspirasi dari Anda. Namun, jika dia melihat Anda sebagai pesaing, tidak dapat disangkal bahwa teman Anda mungkin memiliki motif tersembunyi.

Dia juga tidak akan pernah peduli untuk memberi Anda pujian. Teman tersebut akan meniru dan kemudian berpura-pura seolah-olah Anda adalah orang yang menirunya.

5. Mata-Mata
Salah satu tanda yang akan menunjukkan jika teman Anda ingin bersaing adalah bahwa dia selalu berusaha menemukan apa yang Anda lakukan. Dia akan memata-matai Anda atau terus-menerus memeriksa apa yang Anda lakukan. Mereka melakukannya untuk memastikan bahwa mereka tidak akan tertinggal. Alih-alih menghargai apa yang Anda lakukan, mereka tidak akan pernah berhenti mencari tahu apa yang Anda lakukan.

6. Meremehkan Kerja Keras Anda
Jika teman Anda tidak pernah menghargai kerja keras dan dedikasinya terhadap pekerjaan Anda, maka ini bisa menjadi tanda bahaya yang tidak boleh Anda abaikan. Dia tidak peduli seberapa besar kerja keras dan usaha yang Anda lakukan untuk membuat sesuatu menjadi lebih baik. Teman tersebut akan selalu mengkritik Anda.

Dia mungkin mengkritik secara halus. Dia mungkin memberi tahu bahwa Anda berusaha melakukan hal yang salah dan lebih baik fokus pada beberapa hal yang biasa-biasa saja.

7. Soroti Aspek Negatif
Teman sejati adalah orang yang selalu menonjolkan aspek positif dalam hidup Anda. Dia akan selalu membuat Anda percaya pada kemampuan dan keterampilan Anda.

Namun, jika teman Anda sering menyoroti aspek negatif Anda dan menunjukkan kelemahan serta kegagalan Anda, ini bisa jadi karena dia bersaing dengan Anda. Apa pun yang Anda lakukan, dia akan selalu menemukan kesalahan dalam diri Anda dan membuat Anda merasa sedih.

8. Berusaha Lebih Baik dari Anda
Mungkin ada saat-saat ketika Anda bertemu dengan orang-orang yang selalu berusaha untuk lebih cemerlang dari orang lain. Saat Anda memberi tahu bahwa Anda mendapat nilai bagus dalam mata pelajaran apa pun, dia akan mencoba memberi nilai lebih dari Anda.

Jika Anda mengantongi pekerjaan, maka dia akan mencoba untuk lebih cemerlang dengan mendapatkan pekerjaan dengan bayaran lebih tinggi. Mereka melakukannya untuk memproyeksikan diri mereka sebagai superior dan lebih sukses dari Anda.

9. Membanggakan Diri Sendiri
Jika teman Anda sering membual di hadapan Anda tanpa alasan, bisa jadi ini karena dia sedang bersaing dengan Anda. Segera setelah Anda mencoba menunjukkan pencapaian Anda, teman Anda akan mulai membual tentang kemampuan, keterampilan, dan prestasinya. Alih-alih mendorong dan memuji Anda, dia mungkin membual untuk membuat Anda merasa rendah diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro