Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

9 Makanan Perkuat Imunitas untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Meskipun sangat penting untuk menyebutkan standar kebersihan seperti sering mencuci tangan, menjaga jarak sosial dan menghindari keluar, para ahli menambahkan bahwa penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 29 April 2021  |  11:03 WIB
Bayam - bandt.com.au
Bayam - bandt.com.au

Bisnis.com, JAKARTA--Karena jumlah kasus Covid-19 di seluruh dunia meningkat setiap hari, pemerintah dan organisasi kesehatan di setiap negara kewalahan karena lonjakan pasien yang terus bertambah.

Meskipun sangat penting untuk menyebutkan standar kebersihan seperti sering mencuci tangan, menjaga jarak sosial dan menghindari keluar, para ahli menambahkan bahwa penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Makanan yang dikonsumsi memainkan aspek penting dalam menentukan kesehatan dan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Untuk pria dan wanita di atas 40 tahun, sistem pertahanan tubuh cenderung melemah seiring bertambahnya usia. Dan penelitian menunjukkan bahwa komunitas medis masih mencoba untuk menentukan dengan tepat bagaimana dan mengapa kekebalan menurun seiring bertambahnya usia .

Melansir dari boldsky, berikut makanan yang meningkatkan kekebalan untuk pria dan wanita di atas 40 tahun :

1. Telur

Telur kaya akan protein dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan. Telur didefinisikan sebagai gudang vitamin dan mineral yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama jika berusia di atas 40 tahun.

2. Minyak Ikan

Ikan seperti salmon dan trout mengandung lemak sehat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lemak sehat itu juga mendukung kesehatan otak, jantung, dan persendian, terutama bagi wanita di atas 40 tahun.

3. Biji chia

Sarat dengan antioksidan dan berbagai nutrisi, biji chia memiliki kemampuan unik untuk menyerap cairan dan memiliki konsistensi seperti agar-agar. Mereka menyediakan serat, protein, lemak sehat dan mikronutrien dalam jumlah yang baik. Biji chia kaya akan antioksidan dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt dapat membantu memperkuat saluran usus, yang akan membantu mencegah penyakit kekebalan pencernaan seperti penyakit celiac. Yoghurt penuh dengan probiotik atau bakteri baik yang membantu menghancurkan bakteri jahat di perut dan merupakan penguat kekebalan yang bagus untuk orang dewasa yang lebih tua

5.Bayam

Kaya vitamin C dan dikemas dengan banyak antioksidan dan beta karoten, bayam merupakan tambahan yang baik untuk diet. Bayam juga kaya akan vitamin K, yang membuat sayuran berdaun hijau tersebut harus ditambahkan ke dalam makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bayam banyak antioksidan dan beta karoten, yang keduanya dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem kekebalan.

6. Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, zat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan melindungi usus Anda. Studi menunjukkan bahwa satu cangkir brokoli dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan karena kandungan beta-karotennya yang kaya. Selain itu, keberadaan mineral seperti zinc dan selenium juga membantu.

7. Jeruk

Buah-buahan dengan rasa tajam seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon merupakan sumber vitamin C yang kaya. Bila dikonsumsi secara teratur dan terkontrol, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan fungsinya.

8. Ghee

Meskipun mungkin terdengar mengejutkan bagi sebagian orang, konsumsi ghee India yang terkontrol telah terbukti membantu membangun sistem kekebalan yang kuat, bahkan untuk orang di atas usia 40. Dikenal sebagai anti bakteri, anti jamur dan antioksidan bagi tubuh, ghee membantu mengembangkan sistem kekebalan yang lebih kuat.

9. Air

Penting untuk minum setidaknya delapan gelas air per hari untuk menjaga kelembapan selaput lendir dan menurunkan kemungkinan flu atau pilek. Menjaga diri agar tetap terhidrasi dapat membantu sistem kekebalan berfungsi dengan baik.

Biji-bijian dan kacang-kacangan seperti biji bunga matahari, biji rami, biji labu, dan biji melon merupakan sumber protein dan vitamin E. Dan probiotik seperti yoghurt, Yakult, dan makanan fermentasi juga merupakan sumber yang sangat baik yang membantu meningkatkan komposisi bakteri usus, yang penting untuk penyerapan nutrisi oleh tubuh - dan pilihan yang baik untuk pria dan wanita di atas 40 tahun. Selain itu, beri beri, Apel, selada berdaun, paprika, almond dan bit yang menjadi menu makanan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan fungsinya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan sehat Imunitas tubuh
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top