Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasien Covid-19 Merasa Sering Lelah Usai Sembuh, Lakukan Hal Berikut Ini

Untuk pemulihan sendiri, pasien dengan gejala COVID-19 ringan membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk pulih, sementara pasien dengan infeksi sedang dan berat membutuhkan waktu sekitar empat minggu untuk pulih.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 29 April 2021  |  11:58 WIB
Sayur dan buah - dummies.com
Sayur dan buah - dummies.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pasien covid-19 yang sudah sembuh, disebutkan seringkali merasa lelah setelah pulih.

Untuk pemulihan sendiri, pasien dengan gejala COVID-19 ringan membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk pulih, sementara pasien dengan infeksi sedang dan berat membutuhkan waktu sekitar empat minggu untuk pulih.

Namun bahkan setelah sembuh dari virus COVID, kebanyakan orang mengalami kelemahan pada tubuh. Dalam situasi seperti itu, orang harus menjaga hal-hal dasar seperti makan sehat dan menjaga diri terhidrasi agar pulih lebih cepat.

Jika Anda adalah seseorang yang sudah sembuh dari Covid atau jika ada anggota keluarga Anda yang sudah sembuh, berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kelemahan yang terkait dengan infeksi virus corona.

1. Makan berbagai macam buah-buahan

Pastikan untuk memulai hari Anda dengan sepiring buah-buahan segar seperti delima, jeruk, apel, dan pepaya. Anda juga bisa memasukkan buah lain pilihan Anda.

Anda juga bisa mencoba minum jus buah, yang bisa membantu menghilangkan kelemahan. Jika memungkinkan, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan mentah di pagi hari dan jus buah di malam hari untuk menambah konsumsi Anda.

2. Minum susu hangat

Minumlah susu hangat dengan kunyit sebelum tidur malam. Susu membantu memperkuat tulang dan menghilangkan kelemahan dari tubuh.

3. Makan berbagai macam sayuran

Mengkonsumsi sayur mayur sangatlah penting bagi tubuh. Seseorang harus makan berbagai jenis sayuran selama makan siang dan makan malam. Anda juga bisa minum jus sayuran yang meliputi bayam, wortel, tomat, jus bit. Ini kaya akan mineral dan vitamin, yang akan membuat Anda merasa energik.

4. Makan protein dan makanan kaya antioksidan

Makan makanan kaya protein penting untuk pemulihan yang sehat dan cepat. Makanlah hal-hal yang mudah dicerna agar tubuh yang lemah tidak harus bekerja keras mencerna makanan.

5. Multivitamin

Tetap konsumsi multivitamin, vitamin C, dan tablet seng sesuai anjuran dokter. Jangan hentikan pengobatan hanya karena Anda telah terbukti negatif COVID-19. Memiliki multivitamin secara teratur dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

6. Tetap terhidrasi

Meskipun Anda mungkin tidak ingin memiliki banyak air, sangat penting untuk menjaga diri Anda tetap terhidrasi dengan baik. Selain air, Anda juga bisa minum air kelapa, jus, dll.

7. Jangan menekan diri sendiri

Bahkan setelah laporan COVID Anda negatif, jangan terlalu membebani diri Anda sendiri. Beberapa masalah mungkin tetap ada bahkan setelah laporan negatif, jadi berjalanlah sedikit dan jangan banyak berolahraga selama beberapa hari.

8. Jaga jarak

Bahkan setelah pulih, tetap periksa kadar oksigen Anda dan jaga jarak dari anggota keluarga Anda selama beberapa hari. Kenakan masker di rumah dan istirahat setidaknya 10 hari setelah laporan korona Anda negatif.

9. Lakukan senam paru-paru

Sangat penting bagi Anda untuk melakukan senam paru-paru setelah pulih dari COVID untuk memperkuat paru-paru Anda. Dari latihan pernapasan yoga sederhana hingga meniup lilin dan menggunakan spirometer, seseorang dapat memilih dari berbagai latihan penguatan paru-paru.

10. Tetap positif

Anda adalah seorang pejuang dan telah berjuang melawan infeksi yang parah. Tetapi terkadang, bahkan setelah pemulihan, Anda mungkin merasa cemas, tertekan, atau trauma tentang apa yang telah terjadi. Untuk menjaga kesehatan mental Anda, pastikan untuk bermeditasi dan melakukan hal-hal yang Anda sukai untuk menjaga diri Anda tetap positif.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasien sembuh COVID-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top