Minyak zaitun/tsmc.com.au
Health

5 Makanan untuk Umur Panjang dan Badan Selalu Sehat

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 5 Mei 2021 - 09:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kesehatan tubuh manusia ditentukan dari apa yang dia makan. Bahkan, makanan juga bisa membuat orang lebih panjang umur.

Alasannya, dengan konsumsi makanan sehat, tubuh jauh dari penyakit yang meningkatkan risiko kematian.

Lantas, makanan apakah yang bisa membantu manusia untuk bisa berumur lebih panjang? Berikut perinciannya dilansir dari Webmd:

1. Antioksidan dan Penuaan

Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel sehat. Mereka dapat membuat Anda lebih mungkin terkena penyakit tertentu, seperti kanker, dan mempercepat penuaan. Makanan yang kaya antioksidan dapat membantu melawan molekul tersebut. Sayuran dan buah-buahan berwarna-warni dikemas dengan mereka, jadi usahakan untuk lima hingga sembilan porsi setiap hari.

2. Berries

Ini adalah sumber antioksidan yang bagus dan dapat membantu mencegah kanker dan beberapa penyakit otak. Berry beku juga memilikinya. Periksa lemari pembeku di toko bahan makanan dan nikmati sepanjang tahun.

3. Minyak zaitun

Lemak "baik" yang enak ini mungkin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu dapat meningkatkan kadar kolesterol.

4. Ikan

Disebut "makanan otak" karena asam lemaknya, DHA dan EPA, dapat membantu otak dan sistem saraf Anda bekerja sebagaimana mestinya. Makan ikan satu atau dua kali seminggu juga dapat mengurangi kemungkinan Anda menderita demensia. Lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan berlemak, seperti salmon dan trout, dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida "jahat". Ini juga dapat membantu meringankan peradangan yang menyebabkan aterosklerosis, ketika timbunan lemak menyumbat arteri Anda.

5. Kacang polong

Tambahkan pembangkit tenaga nutrisi ini ke dalam diet Anda tiga atau empat kali seminggu. Serat dapat membantu pencernaan dan membantu menurunkan kemungkinan obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Dan karena mereka membuat Anda merasa kenyang lebih lama, diet tinggi serat juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Taburi salad dengan buncis, atau gunakan kacang sebagai pengganti daging dalam sup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro