Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rahasia Orang Jepang Bahagia dan Sehat dengan Konsep Ikigai

Masyarakat Jeang termasuk orang yang tersibuk, menjalani kehidupan aktif dan memuaskan bahkan sampai usia tua.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 13 Mei 2021  |  21:09 WIB
Ilustrasi - Tenaga kerja di Jepang - Bloomberg
Ilustrasi - Tenaga kerja di Jepang - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA--Orang Jepang menggunakan  konsep ikigai untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Dengan gagasan tersebut, mereka terapkan untuk kehidupan sehari- hari.

Mulai dari bergegas bangun setiap pagi dan menyimpan semangat untuk menjalani aktivitas. Bahkan konsep ikigai seolah menjadi tren yang di ikuti banyak orang untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan.

Melansir dari herwold, Kamis (13/5/2021) cara mengucapkannya adalah ee-kee-guy. Ikigai paling sering diterjemahkan sebagai alasan keberadaan, dan mirip dengan frasa Prancis raison d'etre.

Idenya adalah bahwa setiap orang memiliki tujuan dalam hidup, seperti alasan untuk bangun di pagi hari. Dan ketika Anda menemukannya, kesehatan  akan meningkat karenanya.

Faktanya, dalam buku Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life, yang diterbitkan pada tahun 2017 dalam bahasa Inggris, Francesc Miralles mengeksplorasi gagasan bahwa ikigai bisa menjadi rahasia umur panjang di pulau Okinawa, Jepang, yang penduduknya adalah orang dengan umur terpanjang di dunia.

Mereka juga mungkin termasuk yang tersibuk, menjalani kehidupan yang aktif dan memuaskan bahkan sampai usia tua.

Tetapi ikigai bukan hanya tentang tetap sibuk atau bekerja, ini adalah kombinasi dari berbagai elemen. Itu ketika Anda menyatukan apa yang Anda sukai, apa yang Anda kuasai, apa yang dibutuhkan dunia, dan apa yang dapat Anda bayar, saat itulah Anda  telah menemukan ikigai Anda.

Membuat daftar untuk menjawab keempat pertanyaan ini adalah awal yang baik, meskipun Anda mungkin tidak memiliki semua jawaban sekaligus.

Untuk membantu, banyak psikolog menyarankan  memikirkan tentang apa yang membuat Anda merasa bahagia, karena melakukan ini bisa menjadi ikigai Anda, atau jika  masih tidak yakin, memikirkan tentang perubahan apa yang  ingin lihat di dunia mungkin memberi Anda arahan. Setelah Anda memiliki beberapa ide, pikirkan tentang bagaimana Anda dapat mewujudkannya.

Bagi sebagian orang, ikigai mereka adalah pekerjaan, dan mungkin perubahan karier untuk menjadikan minat atau hobi pekerjaan penuh waktu  adalah hal yang paling membahagiakan bagi Anda. Tetapi pekerjaan bukanlah tempat semua orang menemukan tujuan mereka, seperti yang ditunjukkan oleh jumlah pensiunan Jepang yang terus menemukan makna dalam hidup mereka melalui aktivitas lain.

Menjangkau orang lain juga dapat membantu  menemukan ikigai Anda. Apakah itu mencari nasihat dari seseorang yang telah menemukan ikigai mereka atau memiliki minat yang sama dengan Anda, atau mungkin dari teman dan keluarga yang dapat mendukung Anda saat  membuat perubahan hidup tertentu.

Bicaralah dengan orang-orang di sekitar  untuk meminta bantuan dan nasihat sebelum membawa ide  ke langkah berikutnya. Begitu Anda mulai membuat perubahan dan mencoba ide-ide, pikirkan apakah itu memberi  makna dan kebahagiaan.

Apakah ini terasa benar? Apakah ada sesuatu yang mengganggu Anda tentang apa yang Anda lakukan? Anda mungkin tidak langsung mendapatkannya, dan mungkin ada hari-hari buruk dalam apa pun yang kita lakukan, tetapi dengan mengevaluasi tujuan, dan kebahagiaan, pada setiap tahap Anda lebih mungkin menemukan ikigai Anda. Dan mungkin bahkan rahasia untuk panjang umur dan hidup bahagia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top