Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bye Lemak! Konsumsi Minuman Ini setelah Makan Bersantan saat Lebaran

Beberapa studi telah membuktikan mengonsumsi teh hijau dapat mengurangi berat dan lemak di tubuh.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 14 Mei 2021  |  13:05 WIB
Secangkir teh hijau - istimewa
Secangkir teh hijau - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Hari Raya Idulfitri identik dengan sajian makanan penuh lemak seperti ketupat, opor, dan tak lupa jejeran kue kering yang akan menambah timbunan lemak di tubuh.

Agar tumpukan lemak tersebut tidak menetap di tubuh Anda, ada beberapa jenis minuman yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi berat badan pasca-Lebaran.

Seperti dikutip melalui Healthline pada Jumat (14/5/2021), minuman jenis tertentu dapat membantu menurunkan berat badan. Teh hijau hingga kopi yang diketahui dapat meningkatkan metabolisme tubuh bahkan mengurangi rasa lapar.

Berikut 6 minuman yang dapat Anda konsumsi untuk membakar lemak di tubuh:

1. Teh Hijau

Beberapa studi telah membuktikan mengonsumsi teh hijau dapat mengurangi berat dan lemak di tubuh. Hasil dari 14 studi menunjukkan orang yang minum teh hijau berkonsentrasi tinggi selama 12 pekan, alami penurunan berat badan 0,2 kg hingga 3,5 kg dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi teh hijau.

Selain itu, orang yang mengonsumsi teh hijau cenderung memiliki tekanan darah lebih rendah dan risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, kanker jenis tertentu, dan diabetes.

2. Kopi

Kopi yang diketahui mengandung caffeine atau kafeina merupakan zat yang bertindak sebagai stimulan dalam tubuh yang bermanfaat mengurangi berat badan.

Studi yang melibatkan 33 orang dewasa yang kelebihan berat badan dan mengonsumsi kopi yang mengandung 6 mg kafein per kilogram berat badan akan mengonsumsi kalori lebih sedikit dibandingkan tidak mengonsumsi kopi sama sekali.

3. Teh Hitam

Sama halnya dengan teh hijau, teh hitam juga mengandung senyawa yang dapat meransang penurunan berat badan. Teh hitam adalah jenis teh yang lebih teroksidasi atau terpapar udara dibandingkan jenis teh lainnya, sehingga menghasilkan rasa yang lebih kuat dan warna yang lebih gelap.

Teh hitam kaya akan polifenol, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Air Putih

Setelah tidak lagi berpuasa, sudah waktunya untuk meningkatkan kembali konsumsi air putih/ air mineral untuk tubuh Anda. Minum lebih banyak air juga dapat bermanfaat bagi lingkar pinggang Anda dan membuat kenyang antara waktu makan serta meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat membuat Anda sukses mengurangi konsumsi kalori dan menurunkan berat badan. Penelitian lain juga mendapati bahwa mengonsumsi air dingin dapat meningkatkan pengeluaran energi saat istirahat.

5. Teh Jahe

Jahe biasanya digunakan sebagai bumbu untuk menambah rasa pada hidangan dan juga sebagai obat herbal yang bermanfaat ketika mual, pilek, dan radang sendi. Ternyata penelitian juga menunjukkan akar beraroma ini memiliki efek penurunan berat badan. Di mana teh jahe membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pengeluaran kalori.

6. Jus Sayuran

Jika jus buah dikaitkan dengan kenaikan berat badan, mengonsumsi jus sayuran justru memiliki efek kebalikannya. Pada sebuah studi, orang dewasa yang minum 16 ons jus sayur rendah natrium alami penurunan berat badan yang lebih signifikan. Selain itu, membantu menurunkan konsumsi karbohidrat.

Mengonsumsi sayuran utuh bila memungkinkan adalah pilihan terbaik untuk kesehatan karena banyaknya serat yang hilang dalam pembuatan jus.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lebaran kue kering lemak
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top