Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Cara Supaya Kulit Glowing setelah Ramadan

Ada banyak bahan alami dan cara sederhana yang dapat membantu mencerahkan kulit. Selain mudah, cara dan bahan tersebut tentunya lebih aman dibanding menggunakan bahan kimia.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 14 Mei 2021  |  12:04 WIB
Ilustrasi perawatan kulit - istimewa
Ilustrasi perawatan kulit - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah sebulan mengalami pola tidur yang tidak karuan karena harus sahur, beraktivitas saat berpuasa, menyiapkan banyak hal untuk kebutuhan puasa dan Lebaran, akibatnya, kulit menjadi kasar, kusam, dan tidak cerah.

Ada banyak bahan alami dan cara sederhana yang dapat membantu mencerahkan kulit. Selain mudah, cara dan bahan tersebut tentunya lebih aman dibanding menggunakan bahan kimia.

Melasir Healtline, Jumat (14/5/2021), berikut beberapa cara mencerahkan warna kulit di rumah setelah Ramadan:

1. Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan penyembuhan. Penggunaan minyak kelapa di wajah mungkin tidak berhasil untuk semua jenis kulit. Jangan gunakan jika alergi terhadap kelapa.

Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk menghapus riasan, menenangkan pelindung kulit, membuat kulit  lembab dan sehat di bawah lapisan permukaan.

ResearchTrusted Source menunjukkan bahwa minyak kelapa adalah pelembab yang baik. Cobalah memijat sedikit minyak kelapa ke wajah. Biarkan meresap selama beberapa menit sebelum dibilas dengan pembersih biasa.

2. Lidah Buaya

 Lidah buaya memiliki khasiat menyembuhkan, dan dapat merangsang pertumbuhan sel baru. Tanaman ini juga menenangkan dan melembabkan kulit tanpa menyumbat pori-pori. Menggunakan lidah buaya setelah mencuci muka setiap hari dapat membuat kulit bersinar sehat.

3. Lembapkan Kulit Selalu

Lembapkan kulit Anda dengan produk yang membuat lembap, mempercepat penyembuhan, dan memiliki sifat antioksidan untuk membuat kulit tampak bercahaya dan awet muda. Jangan eksfoliasi kulit saat kering, dan jangan melewatkan pelembap hanya karena wajah berminyak.

Oleskan pelembab ke kulit saat masih basah setelah mandi atau saat membilas wajah. Ini akan mengunci kelembapan ekstra di tingkat permukaan untuk membuat wajah Anda terasa halus.

4. Tabir Surya

Mengoleskan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih dapat mencegah kanker kulit. Menjaga kulit da terlindung dari sinar UV yang berbahaya juga melindungi dari photoaging, yang merupakan proses penuaan kulit.

Pastikan untuk mengaplikasikan produk dengan tabir surya setiap pagi, bahkan pada hari-hari saat hujan atau langit mendung.

5. Bersihkan Wajah

Jangan merampas kelembapan kulit dengan mencucinya terlalu sering, dan  tidak ingin mendorong pori-pori menghasilkan terlalu banyak minyak ekstra untuk mengimbangi terlalu banyak pencucian.

Mencuci wajah setelah mengeluarkan keringat, pagi-pagi sekali, dan sebelum tidur biasanya merupakan titik manis untuk kulit yang sehat

6. Hindari Asap Rokok

Saat kulit terpapar asap rokok itu sama saja melapisi wajah dengan segala jenis racun kimiawi. Ini meningkatkan stres oksidatif di sel kulit, akibatnya kulit menua sebelum waktunya.

Jika Anda merokok, anggap kulit sebagai alasan lain untuk berhenti.

7. Minum banyak air

Kulit terdiri dari sel-sel yang membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Satu studi tahun 2015 dari sumber tepercaya menyimpulkan ada hubungan yang kuat antara minum lebih banyak air dan memiliki kulit yang lebih sehat. Targetkan setidaknya delapan gelas 8 air per hari.

8. Makan Menutrisi Kulit

Makan buah dan sayuran akan meningkatkan vitamin dan antioksidan di dalam tubuh. Menurut Mayo Clinic, mengonsumsi lemak sehat seperti minyak ikan, dan menjauhi makanan olahan dengan banyak bahan pengawet.

9. Konsumsi Probiotik

Suplemen probiotik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan pencernaan, dan mengurangi kembung dan peradangan di saluran pencernaan.

Menurut sebuah studi tahun 2014, probiotik dapat berkontribusi pada kesehatan rambut dan kulit yang tampak bercahaya juga.

10. Persingkat Waktu Mandi

Uap dan panas dapat membuka pori-pori dan membantu  membuang racun. Tetapi mengalirkan air panas ke kulit Anda selama lebih dari beberapa menit sekaligus dapat menghilangkan minyak dari kulit, membuatnya tampak lelah dan kusam.

Cobalah untuk meminimalkan paparan terhadap air yang sangat panas.

Anda juga dapat mempertimbangkan mendinginkan suhu di bagian akhir saat mandi untuk meningkatkan sirkulasi. Dengan begitu, membuat wajah tampak lebih kencang dan awet muda.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit tips cantik air putih
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top