Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kabar Baik! Vaksin Pfizer dan AstraZeneca Ampuh Lawan Covid-19 India

Berdasarkan hasil penelitian terbaru Inggris, vaksin Pfizer dan AstraZeneca ternyata terbukti ampih melawan varian Covid-19 asal India.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 24 Mei 2021  |  12:14 WIB
Vaksin Covid-19 AstraZeneca - Antara
Vaksin Covid-19 AstraZeneca - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Vaksin Pfizer dan AstraZeneca ternyata efektif melawan varian Covid-19 asal India setelah dua dosis penyuntikkan.

Berdasarkan hasil penelitian terbaru Inggris, dua suntikan dari kedua vaksin memberikan tingkat perlindungan yang sama terhadap penyakit simptomatik dari varian virus Corona India seperti yang mereka lakukan untuk varian Covid-19 secara umum (Kent).

Dilansir dari BBC, vaksin Pfizer terbukti 88 persen efektif untuk menghentikan penyakit simptomatik dari varian Covid-19 asal India dua minggu setelah dosis kedua. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan keefektifan 93% terhadap varian Kent.

Sementara itu, vaksin AstraZeneca tercatat 60 persen efektif melawan varian India, dibandingkan dengan 66 persen melawan varian Kent.

Public Health England (PHE) mengatakan perbedaan efektivitas antar vaksin setelah dua dosis dapat dijelaskan oleh fakta bahwa peluncuran dosis kedua AstraZeneca lebih lambat daripada vaksin Pfizer, yang disetujui lebih dulu.

"Data lain menunjukkan bahwa dibutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai efektivitas maksimum dengan vaksin AstraZeneca," kata PHE seperti dilansir dari BBC.com, Senin (24/5/2021).

Sekitar 12.675 kasus sekuensing genom (genome-sequenced cases) dilibatkan dalam penelitian yang berlangsung antara 5 April-16 Mei 2021. Tercatat ada 1.054 dari kasus tersebut merupakan varian India, yang dikenal sebagai B.1.617.2.

Kepala eksekutif Badan Keamanan Kesehatan Inggris Dr Jenny Harries mengatakan penelitian itu merupakan bukti pertama di dunia nyata tentang keefektifan vaksin terhadap varian Covid-19 asal India.

Ditanya tentang perbedaan antara hasil vaksin Pfizer dan AstraZeneca, dia mengatakan faktor kunci yang perlu dipertimbangkan.

"Vaksin berbeda diberikan kepada kelompok orang yang sedikit berbeda. Vaksin Pfizer diluncurkan pada awalnya, karena harus disimpan pada suhu yang sangat rendah, misalnya untuk petugas kesehatan, yang cenderung lebih muda. Sedangkan AstraZeneca diberikan untuk kelompok individu yang lebih tua yang tidak dapat bepergian ke pusat keramaian," kata Dr Jenny Harries. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pfizer AstraZeneca Covid-19 India
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top