Menanak nasi di rice cooker. /Istimewa
Kuliner

4 Trik Menanak Nasi Pulen Sempurna

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 24 Mei 2021 - 17:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun terlihat simpel, untuk membuat nasi sempurna ternyata tidaklah mudah. Ada cara dan teknik khusus untuk mendapatkan nasi yang lezat dan mengugah selera.

Nasi biasanya berdampingan dengan aneka lauk atau dijadikan nasi goreng. Jika tidak dimasak hati-hati akan membuat nasi memiliki tekstur yang tidak sesuai, bahkan cepat basi.

Karena nasi adalah makanan pokok bagi banyak orang, terutama di Indonesia, maka penting bagi untuk mengetahui cara memasaknya dengan sempurna

Melansir dari pinkvilla, Senin(24/5/2021), berikut tips cepat memasak nasi dengan sempurna :

1. Perhatikan takaran

Sebelum memulai menanak nasi, pastikan takaran yang tepat. Buatlah perbadingan 2 gelas air dan 1 gelas beras untuk memasaknya. Perbandingan tersebut merupakan takaran yang ideal untuk membuat nasi puler sempurna. Jika memasukkan terlalu banyak air maka nasi akan menjadi lengket dan lembek. Namun, menggunakan terlalu sedikit air juga akan membuat nasi keras dan kurang matang.

2. Tambah sedikit garam

Saat memasak nasi, tambahkan sedikit garam ke dalam air. Itu akan memberi rasa yang enak pada nasi. Terkadang juga bisa menambahkan sedikit kapulaga atau kayu manis untuk memberi rasa pada nasi.

3. Jangan diaduk

Menanak nasi bisa menggunakan rice cooker, magic jar atau bahkan panci penanak nasi. Semua itu tergantung selera dan juga selera dapur. Namun, entah menggunakan peralatan apapun itu, agar mendaptkan nasi yang sempurna jangan pernah mengaduknya.

Meskipun ada godaan saat memasak nasi untuk mengaduk atau membuka panci, namun itu akan teksture nasi terganggu. Bahkan bisa membuatnya cepat basi. Langkah yang tepat adalah setelah nasi matang aduk sedikit dengan garpu. Itu untuk memisahkan butiran nasi sebelum disajikan.

4. Jangan langsung disantap

Jangan langsung menyajikan nasi setelah baru matang. Selain panas dan tidak baik bagi kesehatan, tekstur nasi baru matang lembek dan tidak enak disantap bagi sebagian orang. Nasi yang baik adalah didiamkan dulu selama sekitar 10 menit. Cara tersebut akan memberi waktu pada beras untuk mendistribusikan kelembapannya secara merata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro