Petugas menunjukkan vaksin Covid-19 tersegel dalam botol kecil yang akan diinjeksikan ke tennaga medis di RSUD dr. Iskak, Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (4/2/2021)./Antara
Health

Berapa Lama Vaksin Covid Bisa Melindungi Tubuh dari Virus Corona?

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 1 Juni 2021 - 09:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa vaksin COVID-19 kini telah diberikan izin penggunaan darurat, setelah menunjukkan bahwa vaksin tersebut aman dan efektif.

Tetapi ketika vaksin baru dikembangkan, hanya melalui penggunaan skala luas yang berkelanjutan kita dapat lebih memahami seberapa besar kemampuannya untuk mencegah penularan dan durasi kekebalan.

Karena itu, terlalu dini untuk mengatakan dengan tepat berapa lama vaksin COVID-19 ini akan melindungi orang, dan apakah kita mungkin memerlukan suntikan booster lebih lanjut. Namun, kini bukti pertama bermunculan.

Dilansir dari GAVI.org, pada 1 April, Pfizer dan BioNTech memastikan bahwa kekebalan dari vaksin RNA mereka masih kuat (91,3% efektif) enam bulan setelah dosis kedua. Demikian pula, bukti untuk vaksin Moderna menunjukkan keefektifan 94% enam bulan setelah dosis kedua. Penanda enam bulan ini merupakan tonggak penting dan kedua produsen akan terus memantau keefektifan vaksin mereka seiring dengan berlalunya bulan.

Mengingat bahwa kita berada di tengah penyebaran vaksin global terbesar dan tercepat yang pernah ada di dunia, durasi kekebalan akan menjadi penting dalam menentukan seberapa cepat kita mengakhiri fase akut pandemi. Karena semakin pendek durasinya, semakin sedikit waktu yang kita miliki untuk melindungi cukup banyak orang untuk menghentikan peredaran virus.

Itulah alasan lain mengapa kecepatan akses ke vaksin COVID-19 sangat penting untuk semua negara, dan mengapa negara-negara yang sudah memiliki akses ke vaksin harus menyumbangkan kelebihan dosis yang telah mereka beli ke negara-negara berpenghasilan rendah melalui COVAX. Setiap penundaan di negara-negara ini – di semua negara – mendapatkan akses, berisiko membiarkan virus terus beredar.

"Inilah sebabnya mengapa COVAX, dikoordinasikan oleh Gavi, Organisasi Kesehatan Dunia, Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI) dan UNICEF, telah bekerja untuk memberikan dosis vaksin COVID-19 di negara-negara di seluruh dunia untuk memastikan bahwa bahkan yang paling rentan memiliki akses yang adil.
Yang kita ketahui tentang kekebalan alami," papar mereka dalam situs resminya.

Kabar baiknya adalah ada alasan untuk percaya bahwa kekebalan dari vaksin COVID-19 akan bertahan setidaknya lebih dari enam bulan.

Kekebalan alami (yaitu kekebalan pada orang yang telah terinfeksi COVID-19) dapat bertahan hingga delapan bulan, menurut penelitian yang dipublikasikan di Science. Kekebalan yang diturunkan dari vaksin kadang-kadang bisa lebih kuat dan tahan lama, tetapi ini tidak selalu terjadi, dan dengan vaksin COVID-19 juri masih keluar.

Para peneliti di Science menambahkan bahwa meskipun memori kekebalan adalah yang mengarah pada kekebalan jangka panjang, sulit untuk memprediksi berapa lama kekebalan akan bertahan karena mekanisme yang tepat dari kekebalan pelindung yang digunakan oleh tubuh kita terhadap SARS-CoV-2 atau COVID-19 tidak belum diketahui.

Baik Pfizer dan Moderna saat ini sedang menjajaki apakah vaksin mereka akan memerlukan booster atau modifikasi genetik untuk menanggapi varian SARS-CoV-2 yang muncul. Sementara itu, sementara sebagian besar dunia belum divaksinasi, fokus untuk memberikan vaksinasi kepada semua orang secara adil harus menjadi fokus utama kami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro