Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bun, Begini Hadapi Anak yang Pertama Kali Menstruasi

Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi akibat meluruhnya dinding rahim.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 04 Juni 2021  |  13:30 WIB
Menstruasi - boldsky.com
Menstruasi - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA – Jika Anda memiliki anak perempuan, tentu akan ada titik dimana dia datang kepada Anda untuk memberitahu bahwa siklus menstruasinya telah dimulai. Apapun sebutannya untuk siklus menstruasi ini, pastikan Anda tetap tenang.

Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi akibat meluruhnya dinding rahim. Mengutip Alodokter (6/4/2021) siklus menstruasi pertama terjadi pada gadis remaja saat mereka memasuki masa pubertas, biasanya diawali pada usia 12 tahun atau sekitar 2-3 tahun setelah payudara mulai tumbuh.

Menarche atau menstruasi pertama bisa datang lebih lambat atau lebih cepat. Ada yang sudah mengalami menstruasi di usia 8 tahun, ada pula yang baru mengalaminya di atas usia 12 tahun. Meski demikian, sebagian besar gadis remaja sudah mengalami menstruasi secara rutin pada usia 16 hingga 18 tahun.

dr. Prathima Reddy MBBS yang berbasis di Bengaluru, dan Richmond Road, Senior Obstetrician dan Gynaecologist Fortis La Femme Hospital, menjelaskan “ Menarche adalah awal dari menstruasi. Tidak ada usia yang tepat untuk menarche, tetapi surutnya usia menarche tampaknya menjadi tren universal. Sebelumnya 14-16 tahun, tetapi sekarang di kelas menengah dan di atas strata sosial ekonomi anak perempuan adalah 12-13 tahun”

Melansir Times of India, Jumat (4/6/2021), berikut poin-poin yang bisa membantu Anda berbicara dengan anak perempuan Anda tentang menstruasi.

1. Mulailah untuk berdiskusi tentang menstruasi sebelum hal itu terjadi pada anak Anda dan sering-seringlah untuk membahasnya.

2. Beri anak Anda informasi yang ringan seperti apa itu menstruasi, kapan seseorang akan mulai menstruasi, apakah akan menyakitkan, berapa lama akan berlangsung, dan hal apa yang harus dilakukan saat menstruasi itu datang. Juga beritahu mereka pentingnya mengganti produk menstruasi secara tepat.

“Menjaga kebersihan saat menstruasi merupakan bagian yang sangat penting dan tak terhindarkan dari kehidupan seorang wanita. Kebersihan yang tidak tepat selama menstruasi dapat menyebabkan infeksi,” kata dr. Reddy.

Karena ini adalah waktu yang sangat rentan dan sensitif dalam kehidupan seorang gadis, Anda sebisa mungkin harus menanganinnya dengan kepekaan dan pengertian.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

parenting menstruasi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top