Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dari Booster Imunitas hingga Kaya Antioksidan, Ini 10 Manfaat Teh Hijau dengan Lemon

Teh hijau dengan lemon dikenal sangat bergizi, dan penelitian telah menemukan bahwa teh hijau dengan lemon memiliki banyak manfaat kesehatan.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 15 Juni 2021  |  14:16 WIB
Dari Booster Imunitas hingga Kaya Antioksidan, Ini 10 Manfaat Teh Hijau dengan Lemon
Teh hijau dan lemon
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Teh hijau yang dicampur lemon adalah minuman menenangkan yang dapat Anda nikmati kapan saja. Selain rasanya yang lezat, teh hijau dengan lemon mudah untuk dibuat dengan beberapa bahan sederhana. Anda cukup menyeduh teh hijau dan menambahkan perasan air lemon ke dalam teh Anda.
 
Teh hijau dengan lemon dikenal sangat bergizi, dan penelitian telah menemukan bahwa teh hijau dengan lemon memiliki banyak manfaat kesehatan. Nikmati 3 hingga 5 cangkir per hari agar tetap terhidrasi dan memaksimalkan manfaat kesehatan teh hijau dengan lemon.
 
Melansir Healthline, Selasa (15/6/2021) berikut 10 manfaat kesehatan dari teh hijau dengan lemon.
 
1. Kaya akan antioksidan

Teh hijau dan lemon keduanya tinggi antioksidan, senyawa yang membantu melindungi terhadap peradangan dan kerusakan sel karena oksidasi.
 
Teh hijau, khususnya, kaya akan antioksidan seperti epigallocatechin gallate (EGCG), quercetin, asam klorogenat, dan theogallin.
 
Lemon adalah sumber yang baik dari antioksidan asam askorbat, hesperidin, naringin, dan asam ferulat.
 
Penelitian menunjukkan antioksidan memainkan peran kunci dalam kesehatan dan penyakit serta dapat melindungi terhadap kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker, dan obesitas.
 
2. Membantu menurunkan berat badan

Teh hijau dengan lemon bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan yang sehat.
 
Bahkan, beberapa penelitian telah menyarankan bahwa teh hijau dapat mendukung penurunan berat badan dan meningkatkan pembakaran lemak.
 
Meskipun para ilmuwan perlu melakukan penelitian lebih lanjut pada manusia, beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemon juga dapat meningkatkan penurunan berat badan.
 
3. Melindungi terhadap diabetes

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah dan melindungi terhadap diabetes tipe 2.
 
Minum teh secara teratur juga dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin secara efisien. Insulin adalah hormon yang memindahkan gula dari aliran darah ke dalam sel.
 
Satu studi pada 92 orang dengan diabetes tipe 2 juga menemukan bahwa mengambil ekstrak teh hijau selama 16 minggu mengurangi resistensi insulin. Ini dapat membantu mendukung kontrol gula darah yang lebih baik.
 
Namun, penelitian lain telah menemukan hasil yang beragam, dan para ilmuwan perlu melakukan penelitian lebih lanjut tentang teh hijau dan diabetes.
 
4. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian telah menemukan bahwa teh hijau dan lemon dikaitkan dengan beberapa manfaat untuk kesehatan jantung.
 
Bahkan, satu ulasan melaporkan bahwa flavonoid jeruk, termasuk yang ditemukan dalam lemon, dapat menekan peradangan, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan mendukung kadar kolesterol sehat.
 
Studi lain menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lemon setiap hari mengalami penurunan tingkat tekanan darah, terutama ketika mereka juga berjalan secara teratur.
 
Demikian pula, analisis sembilan penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengkonsumsi teh hijau memiliki risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke yang lebih rendah daripada mereka yang tidak minum teh hijau.
 
5. Mendukung kesehatan otak

Meskipun penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dan lemon dapat menawarkan beberapa manfaat potensial untuk kesehatan otak.
 
Misalnya, satu ulasan dari delapan penelitian menemukan bahwa minum teh hijau dikaitkan dalam beberapa penelitian dengan pengurangan risiko demensia dan gangguan kognitif.
 
Studi lain menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau sering dapat meningkatkan metabolisme protein tertentu yang terlibat dalam perkembangan penyakit Alzheimer.
 
Beberapa studi tabung uji dan hewan juga telah menemukan bahwa senyawa tertentu dalam buah jeruk dapat mengurangi peradangan, melindungi fungsi otak, dan mencegah penumpukan plak di otak, yang dapat berkontribusi pada penyakit Alzheimer.
 
6. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Lemon adalah sumber vitamin C yang sangat baik, mikronutrien larut dalam air dengan sifat antioksidan yang kuat.
 
Vitamin C memainkan peran sentral dalam sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh.
 
Meningkatkan asupan vitamin C Anda juga dapat membantu mengobati dan mencegah banyak jenis infeksi pernapasan dan sistemik.
 
Teh hijau dan lemon juga kaya akan antioksidan, yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat
 
7. Meningkatkan tingkat energi

Teh hijau adalah sumber alami kafein, yang merupakan stimulan sistem saraf pusat yang sering digunakan orang untuk meningkatkan tingkat energi mereka.
 
Studi menunjukkan bahwa selain melawan kelelahan, kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan fungsi kognitif dan fisik.
 
Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan kinerja atletik dan meningkatkan daya tahan.
 
Karena teh hijau dengan lemon mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi atau minuman energi, itu mungkin pilihan yang baik bagi mereka yang sensitif terhadap efek kafein dosis tinggi.
 
8. Dapat membantu mencegah batu ginjal

Batu ginjal adalah endapan mineral keras yang dapat terbentuk di ginjal dan menyebabkan gejala seperti nyeri, mual, dan sering buang air kecil.
 
Minum teh hijau dengan lemon adalah cara yang bagus untuk membantu mencegah batu ginjal terbentuk.
 
Bahkan, satu studi besar menemukan bahwa minum teh hijau terkait dengan risiko yang lebih rendah terkena batu ginjal, terutama di antara pria.
 
Asam sitrat yang ditemukan dalam lemon juga dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urin dan mengikat kalsium oksalat. Ini mencegah akumulasi kristal yang mengarah pada pembentukan batu ginjal.
 
9. Dapat membantu melindungi terhadap kanker

Teh hijau dan lemon mungkin memiliki sifat melawan kanker yang kuat.
 
Beberapa studi tabung uji menunjukkan bahwa senyawa tertentu yang diekstrak dari lemon dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.
 
Beberapa penelitian juga menemukan bahwa makan lebih banyak buah jeruk dapat dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, lambung, kerongkongan, dan payudara.
 
Penelitian juga telah menghubungkan teh hijau dengan pengurangan risiko kanker. Secara khusus, penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu melindungi terhadap sel kanker kandung kemih, payudara, kolorektal, dan prostat.
 
10. Membuat Anda tetap terhidrasi

Minum teh hijau dengan lemon bisa menjadi cara yang bagus untuk tetap terhidrasi.
 
Hidrasi sangat penting untuk hampir setiap aspek kesehatan. Secara khusus, sangat penting untuk kesehatan kulit, manajemen berat badan, fungsi otak, kesehatan pencernaan, dan fungsi ginjal.
 
Minum cairan yang cukup setiap hari bahkan dapat membantu mencegah berbagai kondisi, termasuk batu ginjal, sakit kepala, dan sembelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teh hijau lemon Imunitas tubuh
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top