Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Memilih Masker yang Tepat di Situasi yang Tepat

Masker menjadi barang penting di tengah pandemi Covid-19. Namun masker seperti apa yang paling efektif melindungi dari virus Covid-19?
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 24 Juni 2021  |  10:48 WIB
Tips Memilih Masker yang Tepat di Situasi yang Tepat
Masker. Jangan lengah, dan selalu terapkan protokol kesehatan 5M. - ANtara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Masker menjadi barang penting di tengah pandemi Covid-19. Namun masker seperti apa yang paling efektif melindungi dari virus Covid-19?

Sebuah penelitian dari jurnal Science tahun 2021 menyebutkan bahwa efektivitas masker mencegah penularan sangat bergantung pada banyaknya virus di udara. Maka dari itu, penting untuk memilih dan menggunakan masker yang tepat sesuai dengan situasi yang dihadapi.

Coba evaluasi kembali masker yang Anda miliki saat ini. Apakah nyaman ketika dipakai? Apakah kerapatan filtrasi sudah baik? Apakah sudah tersertifikasi dengan baik?Apakah sudah digunakan di tempat yang tepat?

Dokter RA Adaninggar membagikan beberapa tips untuk memilih dan menggunakan masker yang tepat sesuai dengan situasi yang dihadapi.

Ketika Anda berada di tempat dengan konsentrasi virus yang rendah, seperti ruang terbuka (outdoor) atau ruangan dengan sirkulasi udara yang baik (jendela dan pintu terbuka) gunakan:

1. Masker kain

Jangan gunakan masker dengan katup, masker yang hanya memiliki satu lapisan dan terbuat dari kain tipis tembus cahaya.

2. Masker disposable

Jangan gunakan masker dengan celah di sekitar sisi wajah atau hidung dan masker yang kotor atau lembab. Agar masker tidak memberikan celah di sekitar wajah,  Anda bias mengikat ujung masker agar tidak ada celah di sekitar wajah Anda.

Ketika berada di tempat dengan konsentrasi virus yang tinggi, seperti tempat perawatan pasien Covid ( seperti di rumah sakit atau di rumah), mengendarai transportasi umum yang mana tidak ada jaga jarak, bekerja di tempat yang bertemu banyak orang (seperti kantor, mall, supermarket), berada di ruangan tertutup untuk waktu yang lama, atau lansia atau memiliki kondisi medis tertentu, gunakan:

1. Masker dobel (masker kain + masker disposable)
2. Masker KN95/KF94

Perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan masker KN95 atau KF94 jika:

- Memiliki rambut wajah yang lebat karena jambang atau brewok dapat memengaruhi kekedapan masker
- Masker KN95 atau KF94 palsu
- Sulit untuk bernafas, serta
- Jangan gunakan masker KN95 berlapis dengan masker lain

Meski masker N95 atau KN95 dianggap sebagai gold-standard, masker ini masih sulit ditemukan dan wajib diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

“Pilihlah masker yang tepat dan gunakan secara benar. Perhatikan juga kualitasnya karena melindungi pernafasan adalah salah satu senjata utama kita,” tulis dr Ning di laman Instagramnya @drningz, Kamis (24/6/2021).

Jangan lengah, dan selalu terapkan protokol kesehatan 5M, pola hidup yang sehat serta lakukan vaksinasi bila sudah ada kesempatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

masker hand sanitizer
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top