ilustrasi diet/bisnis.com
Health

Benarkah Diet Bisa Picu Kemandulan?

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 28 Juni 2021 - 15:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Seringkali diet menjadi hal yang disalahkan munculnya  masalah kesuburan. Membatasi asupan atau makanan jenis tertentu dikaitkan akan membuat seseorang mandul.

Dilansir dari indianexpress, Senin (28/6/2021) Menurut sebuah studi tentang diet dan kesuburan dari Harvard Medical School, makan makanan tertentu dan menghindari makanan tertentu justru bisa membantu meningkatkan fungsi ovulasi Anda.

Konsultan Kesuburan, Nova IVF Fertility di New Delhi, Dr Aswati Nair mengatakan jika diet tidak akan memengaruhi kesuburan. Justru dengan diet sehat akan membuat lebih subur.

Maka, jika mengalami masalah ketidaksuburan para ahli menyarankan cara makan seolah-olah sedang hamil. Dengan begitu apa yang dikonsumsi jauh lebih sehat, sehingga dapat membantu tubuh untuk pembuahan.

“Inilah cara menikmati makanan lezat untuk kehamilan yang bahagia dan sehat dengan mengikuti diet konsepsi,” saran Dr Nair.

Asam folat, Vitamin B12, asam lemak Omega 3 dan diet sehat seperti diet Mediterania meninggalkan dampak positif pada tubuh wanita yang sedang mencoba untuk hamil.

Di sisi lain, antioksidan, vitamin D, produk susu, kedelai, dan kafein tampaknya hanya sedikit atau tidak berpengaruh pada kesuburan. Lemak trans dan diet kaya daging merah dan olahan, kentang, permen, dan minuman manis ternyata memiliki efek negatif. Maka, para pejuang kehamilan dianjurkan untuk minum hanya satu cangkir teh dan kopi sehari.

Kualitas sperma pria meningkat dengan diet sehat, sementara yang sebaliknya dikaitkan dengan diet tinggi lemak jenuh atau lemak trans.

Untuk pasangan yang menerima teknologi reproduksi berbantuan, wanita mungkin lebih memungkinkan untuk hamil. Kesuburan para wanita akan dibantu dengan suplemen asam folat atau diet tinggi estrogen nabati dengan aktivitas antioksidan. Sementara kesuburan pria dapat dibantu oleh antioksidan.

Lalu, minuman berkarbonasi dan minuman keras mengganggu kesuburan. Konsumsi minuman manis terutama soda atau minuman energi telah dikaitkan dengan penurunan tingkat kesuburan pria dan wanita, sementara minuman soda diet dan jus buah tidak berpengaruh.

Telah diamati bahwa wanita yang mengonsumsi banyak makanan cepat saji dan sedikit buah membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil daripada mereka yang diet sehat.

Hindari makanan kemasan dan olahan mengandung pengawet tertentu yang dapat membahayakan kesuburan Anda. Ekstrak biji pepaya dapat menurunkan kesuburan pada pria. Ini dapat menurunkan jumlah sperma dan memengaruhi mobilitas sperma.

Dan hindari nanas karena mengandung bromelain, zat anti-inflamasi dan anti-koagulasi pengencer darah yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro