Pejalan kaki di trotoar Oxford Street, pusat kota London/ Bloomberg - Simon Dawson
Health

Jangan Malas Jalan Kaki, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Janlika Putri Indah Sari
Rabu, 30 Juni 2021 - 13:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak ahli menyarankan berjalan kaki sebagai cara yang tepat untuk menjaga kesehatan, kalori, dan berat badan seseorang.

Dilansir dari indianexpress, Rabu (30/6/2021) kata Ahli gizi, Karishma Chawla mengtakan berjalan selama lebih dari 25 sampai 30 menit per hari adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung dan kapasitas paru-paru.

"Olahraga ringan, seperti berjalan kaki, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Ini membantu Anda bernapas lebih mudah dan tetap sehat lebih lama terutama mengingat fakta bahwa sebagian besar gangguan gaya hidup terkait kardiovaskular dapat menurunkan harapan hidup," kata Chawla.

Cukup berjalan kaki setiap hari dapat memperbaiki pengelolaan kondisi gaya hidup seperti hipertensi, nyeri atau kaku sendi dan otot.

Berjalan kaki juga membantu menjaga kolesterol Anda tetap terkendali. Karena prevalensi diabetes melitus di dunia semakin meningkat, jalan kaki setiap hari bisa membantu mengontrol gula darah.

Chawla juga menunjukkan betapa pentingnya menantang diri sendiri dalam hal peningkatan langkah dan kecepatan untuk mencapai manfaat optimal dari aktivitas kardio ini.

“Aktivitas kardio yang optimal membantu dalam latihan kardiovaskular, menyeimbangkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, mengurangi kecemasan karena pelepasan endorfin, membantu sirkulasi darah, meningkatkan kesehatan paru-paru, menyeimbangkan kadar gula darah, yang membantu menurunkan persentase lemak tubuh. menjaga metabolisme tetap tinggi,” tambah pendidik gaya hidup itu.

Ia menganggap jalan kaki sebagai bagian dari lingkaran kebugaran yang juga mencakup latihan kekuatan latihan beban atau berat badan, yoga, meditasi, dan peregangan fleksibilitas.

Jalan cepat, jogging, menari atau Zumba, berenang, semuanya dianggap sebagai aktivitas kardio yang membantu menjaga kebugaran tubuh.

“Semakin banyak Anda bergerak, semakin baik tingkat kebugaran Anda. Studi menunjukkan bahwa kapasitas daya tahan orang dewasa berusia 65 tahun mirip dengan remaja berusia 17 tahun. Yang perlu kita lakukan adalah menggunakannya dengan baik. Memanjakan diri secara teratur akan membantu meningkatkan kesadaran dan membantu menyembuhkan pikiran, tubuh, dan jiwa," tutup kata Chawla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro