Tidur
Health

Hal-hal yang Mendukung Tidur Anda Bisa Tingkatkan Imunitas

Sartika Nuralifah
Selasa, 6 Juli 2021 - 17:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan sehari-hari, termasuk untuk imunitas kita.

Tidak seperti yang diyakini secara umum, sistem kekebalan tubuh kita yang melindungi tubuh kita dari infeksi dan patogen, tidak hanya bergantung pada diet atau gaya hidup yang Anda ikuti, tetapi jadwal tidur Anda juga memainkan peran yang sangat penting.

Itu juga alasan mengapa istirahat dan penyembuhan yang lambat sangat ditekankan selama pemulihan dari penyakit apa pun, termasuk COVID-19.

Oleh karena itu, setiap individu harus berhati-hati dalam 7-8 jam tidur tanpa gangguan setiap hari, terlebih lagi jika Anda ingin sistem kekebalan Anda diperkuat dan melawan semua patogen dengan kuat.

Tidur secara signifikan membantu produksi protein anti-inflamasi yang disebut sitokin dan sel T yang juga dikenal sebagai sel tentara yang melindungi tubuh kita dengan melawan antigen.

Tidur dapat dilakukan untuk pemulihan, Anda perlu memprioritaskannya dengan mengesampingkan setiap pikiran dan menstabilkan suasana hati Anda.

Namun Anda harus memperkuat ketahanan atau fleksibilitas Anda untuk tidur bahkan jika tidak nyaman sekalipun. Karena itu, perlu juga diingat bahwa kebersihan tidur juga memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan Anda, dan menjamin Anda tenang di tempat tidur.

Berikut hal-hal yang memengaruhi kualitas tidur Anda seperti dilansir dari Times of India :

1. Suasana

Suasana atau lingkungan Anda memainkan peran besar dalam memberikan Anda tidur yang konsisten. Anda harus selalu memastikan bahwa suasana di dalam ruangan Anda menenangkan dan sejuk. Dan bagaimanapun jika Anda masih merasa belum mengantuk, Anda mencoba memakai masker tidur atau tirai gelap total. Karena jika Anda akan membuat kamar Anda gelap, sejuk dan tenang, secara otomatis akan menyebabkan tidur untuk jangka waktu yang lebih lama.

2. Mandi

Mandi sangat penting untuk menurunkan suhu tubuh Anda sambil melemaskan otot dan persendian Anda untuk meningkatkan aliran darah beroksigen. Tubuh Anda beralih ke keadaan benar-benar santai setelah mandi dan karenanya memulai siklus tidur. Dokter tentu merekomendasikan mandi sebelum tidur kepada orang-orang yang menghadapi masalah saat tertidur.

3. Hindari blue light

Sebagian besar perangkat elektronik seperti tv, ponsel, tablet, atau laptop dll memancarkan blue light yang membatasi sekresi hormon melatonin yang menyebabkan tidur. Namun juga periksa lampu malam atau LED Anda karena mereka juga memiliki konsekuensi yang sama. Coba alihkan perangkat Anda ke mode malam yang mengurangi emisi cahaya biru atau jika Anda sudah memiliki kacamata, Anda dapat memilih kacamata pemblokiran blue light.

4. Minuman berkafein

Minuman berkafein memiliki efek buruk pada tidur Anda. Kafein dalam jumlah tinggi dapat memblokir molekul adenosin yang mengikat reseptor otak Anda. Pengikatan adenosin dengan reseptor otak memainkan peran besar dalam membuat Anda merasa tertidur dan karenanya ketika Anda cenderung minum minuman berkafein itu mempengaruhi tidur Anda secara menyeluruh. Cobalah minuman yang menyebabkan tidur seperti teh chamomile atau teh serai dan lain-lain.

5. Olahraga

Olahraga dapat membuat Anda merasa lelah. Untuk tidur lebih baik dan untuk waktu yang lebih lama cobalah termasuk latihan fisik. Olahraga tidak hanya membuat Anda bugar secara fisik, tetapi juga mengatur jumlah aliran hormon yang penting untuk tidur nyenyak.

6. Aroma

Pernah menemukan aroma yang begitu santai dan menenangkan? Jika tidak, maka Anda harus mencoba wewangian yang terbuat dari cendana, lavender, cedarwood atau rosemary. Parfum ini tidak membawa aroma yang kuat tetapi terutama yang ringan dan menenangkan. Bau seperti itu membantu Anda merasa rileks dan tenang dan karenanya disarankan untuk menggunakan pengharum ruangan atau kabut untuk meningkatkan kualitas tidur.

7. Meditasi

Untuk menghilangkan semua ketegangan hari itu, cobalah meditasi. Jika saja Anda benar-benar bebas stres dan rileks, Anda bisa tidur nyenyak. Meditasi mengatur sistem saraf yang memungkinkan Anda untuk beralih ke mode tidur nyenyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro