Ilustrasi perceraian/divorce-online.co.uk
Relationship

Perhatikan 5 Hal Ini Setelah Bercerai dari Pasangan

Ni Luh Anggela
Rabu, 7 Juli 2021 - 20:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak faktor yang menyebabkan seseorang memutuskan bercerai dari pasangan.  Anda akan memasuki dunia yang bahkan sama sekali tidak Anda rencanakan yang penuh dengan hal-hal yang tidak Anda ketahui.
 
Normal jika Anda merasa bingung, terluka, emosional, cemas dan takut ketika menghadapi perceraian. Mungkin saat ini tidak ada cara untuk menguatkan diri Anda akan seperti apa rasanya perpisahan itu, tetapi ada beberapa cara untuk memastikan Anda membuat pilihan yang akan menguntungkan Anda, anak-anak dan masa depan hubungan Anda saat Anda mulai melepaskan diri.
 
Orang-orang yang sedang bertransisi dari kehidupan pernikahan ke melepaskan ikatan sedang mencari tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Melansir Parents, Rabu (7/7/2021), berikut adalah lima hal yang disarankan untuk dilakukan orang tua setelah berpisah; hal-hal yang akan sangat sering menghilangkan rasa takut dari semua hal yang tidak diketahui yang menyertai proses perceraian.
 
1. Didiklah diri Anda sendiri tentang proses hukum perceraian

Mungkin Anda dan calon mantan Anda akan menenangkan diri sebelum mengajukan cerai, atau mungkin salah satu dari Anda siap untuk tampil di jalan. Bagaimanapun juga, pengetahuan adalah kekuatan dan jika Anda bukan seorang pengacara yang sudah akrab dengan legalitas yang terkait dengan proses perceraian, mulailah untuk mempelajarinya dari buku  atau mencarinya di internet. Atau lebih baik lagi, dapatkan rekomendasi untuk pengacara atau mediator yang baik dan konsultasikan dengan mereka tentang cara terbaik untuk menangani situasi pribadi Anda.
 
Tidak ada pendekatan satu ukuran yang cocok untuk semua perceraian, dan ada begitu banyak pilihan yang tersedia untuk Anda. Sementara beberapa pasangan memilih untuk melepaskan jalur hukum dan menangani hal-hal mereka sendiri, yang terbaik adalah meminta bantuan ketika menyangkut sesuatu yang tidak Anda ketahui—dan ketika anak-anak terlibat, Anda pasti ingin tahu sebanyak yang Anda bisa sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk kepentingan terbaik mereka.
 
2. Bicaralah dengan anak-anak Anda dan ceritakan kepada mereka tentang perceraian

Ada cara yang sangat sehat untuk berbicara dengan anak-anak Anda tentang perceraian. Ketika Anda dan mantan pasangan Anda merasa nyaman untuk melakukan percakapan dengan anak-anak, ingatlah untuk merencanakan apa yang akan Anda katakan sebelumnya sehingga Anda berdua berada di halaman yang sama, dan berbicaralah dengan mereka sebagai sebuah keluarga.

Kembangkan narasi yang tidak menyalahkan, melainkan mengambil pendekatan "kita" yang tidak menempatkan anak-anak pada posisi berpikir salah satu orang tua telah dianiaya oleh yang lain. Jujur dan jelas, tidak kabur dan membingungkan. Anak-anak membutuhkan jawaban dan batasan sekarang sehingga mereka tidak dibiarkan dengan harapan akan ada rekonsiliasi di jalan.
 
3. Tetapkan batasan untuk memisahkan diri Anda secara emosional

Sementara perpisahan fisik yang terjadi di akhir pernikahan adalah langkah nyata berikutnya, perpisahan emosional seringkali lebih sulit untuk dipahami dan jauh lebih tidak jelas. Anda telah terhubung secara emosional dan saling bergantung pada pasangan Anda begitu lama sehingga melepaskan diri secara emosional dapat dimengerti membutuhkan lebih banyak pekerjaan daripada yang Anda perkirakan.
 
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk belajar memisahkan diri dari mencari persetujuan, mencari validasi, atau tetap terhubung secara emosional dengan pasangan adalah dengan belajar menyatakan, bukan bertanya. Contohnya adalah menjaga calon mantan Anda tetap perlu tahu, dan mengatakan hal-hal seperti, "Saya akan mulai mencari apartemen baru," alih-alih bertanya, "Bisakah saya mulai mencari apartemen baru?"
 
Ini menetapkan batas yang mengatakan, "Saya mendapatkan kemerdekaan saya sekarang, dan Anda tidak memiliki akses ke semua bagian hidup saya lagi." Ini sulit untuk ditegakkan, tetapi semakin cepat Anda dapat memutuskan hubungan secara emosional, semakin bersih proses perceraian Anda.
 
4. Dapatkan kenyamanan dengan meminta bantuan

Orang tua tunggal adalah seluruh olahraga itu sendiri yang dilupakan seseorang untuk ditambahkan ke Olimpiade. Anda tidak dapat berlatih sendiri untuk Olimpiade, dan lebih baik Anda meminta bantuan untuk "melatih" atau merasa nyaman dengan menjadi orang tua tunggal. Jangan malu—panggil teman terdekat dan anggota keluarga Anda untuk membantu Anda menghadapi kenyataan baru Anda, baik secara emosional maupun fisik, dan untuk membangun kembali hidup Anda. Ketika Anda mulai mencari bantuan dan mulai melihat siapa yang bersedia membiarkan Anda bersandar pada mereka, siapa yang memeriksa Anda, dan siapa yang menawarkan telinganya untuk mendengarkan Anda, jadikan mereka orang permanen dalam daftar baru hidup Anda.
 
Temukan kelompok pendukung, pelatih, atau terapis untuk ditambahkan ke dalam daftar baru itu dan Anda siap untuk membuka lembaran baru.
 
5. Terhubung kembali dengan diri sendiri

Tidak banyak orang yang menyadari hal ini, tetapi meskipun mengakhiri pernikahan mungkin merupakan kematian dari suatu hubungan, hal itu juga penuh dengan peluang. Kesempatan terbaik yang dapat Anda temukan dalam perceraian adalah mampu berhubungan kembali dengan diri Anda sendiri—semuanya, baik dan buruk. Anda kembali melakukan apa yang paling Anda sukai yang merupakan hal-hal yang tidak pernah benar-benar Anda lakukan dalam pernikahan Anda karena satu dan lain alasan.
 
Anda dapat menggunakan waktu untuk sesuatu yang benar-benar menyembuhkan Anda. Anda menyembuhkan semua bagian  yang rusak, yang muncul ke permukaan dalam pernikahan Anda dengan bantuan terapis yang luar biasa misalnya. Anda menjadikan diri Anda prioritas untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama, dan Anda tidak menyesalinya sedikit pun.
 
Ketika semuanya gagal, ingatlah bahwa ini juga akan berlalu, dan Anda dapat melakukannya di mana saja hanya dengan meletakkan satu kaki di depan yang lain, mengambil setiap hari pada satu waktu, dan tidak membuat diri Anda gila dengan "bagaimana jika."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro