Asam jawa bisa meningkatkan imun tubuh manusia dan baik sekali dikonsumsi saat pandemi./ilustrasi
Health

Penting! Asam Jawa Bisa Tingkatkan Imun dan Menurunkan Berat Badan

Anissa Putri
Rabu, 14 Juli 2021 - 10:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Asam Jawa merupakan bahan makanan paling berharga karena rasanya yang unik dan ampuh meningkatkan imun tubuh.

Asam jawa juga memberi beberapa nutrisi penting bagi tubuh yang dapat membantu tubuh tetap bugar dan sehat. Buah dengan rasa tajam tersebut memiliki fungsi kesehatan yang dikaitkan dengan kehadiran fitonutrien. 

Asam Jawa tersedia di pasaran dalam beberapa bentuk seperti puree, pasta, saus atau suplemen. Asam Jawa dapat diolah menjadi apa saja, namun jangan mengkonsumsi Asam Jawa secara berlebihan karena memiliki efek pencahar. Ibu hamil dan penderita penyakit kronis harus berhati-hati dalam mengkonsumsi Asam Jawa.

Melansir dari Times of India, berikut adalah alasan yang dapat dipertimbangkan untuk menambahkan Asam Jawa ke dalam konsumsi harian Anda:

1. Kandungan Gizi Asam Jawa

Asam Jawa ampuh menambah imun atau kekebalan tubuh. Tanaman ini termasuk dalam famili Fabaceae yang berasal dari Afrika tropis. Ini adalah buah rendah glikemik dan mengandung mikronutrien penting bagi tubuh dalam berbagai cara. Dalam 120 gram Asam Jawa mentah mengandung:

  • Kalori: 287
  • Lemak: 0,7g
  • Karbohidrat: 75g
  • Serat: 6.1g
  • Protein: 3.4g
  • Kalium: 754mg

2. Penurunan Berat Badan

Kaya akan serat dan rendah kandungan lemak, asam Jawa merupakan makanan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Itu sarat dengan flavonoid dan polifenol yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu penurunan berat badan. Kandungan serat di dalamnya meningkatkan rasa kenyang, mengurangi keinginan untuk makanan yang tidak sehat dan juga melancarkan buang air besar. Flavonoid dan polifenol menekan rasa lapar dan membantu penurunan berat badan.

asam jawa bisa tingkatkan imun dan kekebalan tubuh
asam jawa bisa tingkatkan imun dan kekebalan tubuh

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kaya akan vitamin C dan antioksidan, asam membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah yang tajam ini juga dapat menghambat pertumbuhan infeksi mikroba dan jamur. Selain itu, mengonsumsi Asam Jawa setiap hari bahkan dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita alergi apa pun. Sifat antiseptiknya membantu tubuh menyembuhkan infeksi, asma, pilek, dan batuk.

4. Baik Bagi Jantung

Asam juga meningkatkan kesehatan jantung yang baik. Flavonoid yang ada dalam buah tajam dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol ‘jahat’ dan meningkatkan kadar kolesterol HDL atau ‘baik’. Hal ini dapat mencegah penumpukan trigliserida yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Kesehatan Pencernaan

Menjadi asam, asam juga dapat membantu menenangkan dan meningkatkan sistem pencernaan. Antioksidan yang ada di dalamnya yang disebut polifenol dapat mengontrol peradangan dalam tubuh, melindungi terhadap penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Antioksidan ini juga dapat mencegah bisul yang muncul di lapisan dalam lambung dan usus kecil.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anissa Putri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro