Warga DKI Jakarta mengikuti program vaksinasi Covid-19 gratis di stasiun MRT /Dok. MRT Jakarta
Health

Vaksin Covid-19 Sebelum atau Sesudah Operasi Ortopedi, Bolehkah?

Ni Luh Anggela
Senin, 19 Juli 2021 - 15:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Selama masa pandemi Covid-19, pasien kecelakaan tentu tetap ada, sehingga tidak heran pertanyaan mengenai bolehkah menerima vaksin Covid-19 sebelum atau sesudah operasi ortopedi, sering diterima oleh dokter ortopedi.
 
Sampai saat ini, menurut dr Erfan Nasrullah, Sp.OT melalui laman Instagramnya, Senin (19/7/2021) belum ada data yang menunjukkan bahwa operasi di bidang  ortopedi berkorelasi dengan vaksinasi.
 
“Belum juga diketahui apakah operasi di bidang ortopedi tidak menurunkan efektivitas vaksin atau tidak meningkatkan risiko terjadinya efek samping vaksin.” tulis dr Erfan.
 
Meski begitu, dia menyarankan untuk memberikan jeda waktu antara pemberian vaksin dengan tindakan opeasi.
 
“Supaya bila terjadi suatu efek samping misalnya demam, bisa dibedakan penyebabnya. Demam karena efek operasi atau demam karena efek samping vaksin,” jelasnya.
 
Apabila Anda baru saja melakukan operasi pemasangan pen atau implant karena patah tulang bahu, dan kondisi umum sudah fit dan pulih dari efek segera pasca operasi, misalnya demam, nyeri berat atau mual, dan Anda sudah nyaman mobilisasi, Anda sudah boleh divaksin.
 
Tetapi ketika di suntik vaksin, dr Erfan mengingatkan untuk  tidak di suntik pada bahu yang baru saja di operasi, melainkan pada bahu yang tidak di operasi.
 
Kemudian bagaimana jika Anda sudah terjadwal akan menjalani operasi saraf terjepit, apakah boleh untuk melakukan vaksin Covid-19?
 
Dr Erfan menjelaskan, apabila operasi yang akan dijalani adalah operasi yang terencana atau bukan operasi darurat, disarankan untuk melakukan operasi satu minggu setelah vaksin. Hal ini agar dapat membedakan apabila nantinya terjadi efek samping, apakah karena efek vaksin atau karena operasi.
 
Selain itu, apabila tindakan operasi yang akan dijalani adalah operasi yang bisa ditunda atau tidak mendesak, sebaiknya Anda mendapatkan dosis vaksin secara lengkap agar bisa mendapatkan proteksi maksimal sebelum menjalani prosedur operasi.
 
“Karena bisa saja secara tidak sengaja Anda terpapar virus Covid-19 di rumah sakit,” tambahnya.
 
Jika Anda masih ragu dan bingung dengan tindakan operasi yang sudah atau akan Anda jalani, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter ortopedi terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro