Makanan aneh di Vietnam
Kuliner

6 Makanan Aneh dan Ekstrim di Vietnam, Berani Nyoba?

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 19 Juli 2021 - 19:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Setiap negara memiliki kota atau daerah dengan beragam kuliner yang menarik.

Baik itu kuliner tradisional atau kuliner modern, bagi para si hobi makan ini akan menjadi incaran mereka.

Masakan Vietnam juga menawarkan makanan jalanan yang lezat. Namun bagi orang yang baru pertama kali berkunjung, beberapa hidangannya mungkin tampak terlalu menantang. Bahkan mungkin akan kehilangan selera makan.

Vietnam memiliki sajian makanan tradisional yang tidak biasa namun memiliki banyak penggemar.

Dilansir lonelyplanet Senin (19/7/2021) berikut adalah daftar makanan ekstrim dan aneh di Vietnam.

1. Trung vit lon

Makanan ini salah satu makanan aneh di Vietnam yang mudah ditemukan di negara tersebut. Ini adalah telur itik yang dibuahi atau telur yang sebagian embrio burungnya sudah terbentuk. Wujudnya tidak selalu terlihat seperti burung yang sebenarnya, namun tergantung tahap perkembangannya. Orang Vietnam menghargai makanan ini sebagai sumber protein yang kaya. Bahkan anak-anak Vietnam diberikan menu telur ini untuk sarapan. Biasanya trung vit lon dinikmati dengan daun kemangi dan sambal jeruk nipis asin.

Jika Anda terlalu terintimidasi oleh telur bebek besar, varian lain adalah Trung Cut Lon. Itu adalah jenis telur puyuh yang dibuahi. Ukuranya lebih kecil jadi lebih mudah dimakan. Cara penyajian yang sangat populer adalah dengan dihangatkan dengan saus asam dan serai. Hidangan ini biasa disajikan di sore hari.

2.Ga Tan Den

Ga Tan Den adalah hidangan ayam hitam dalam sup herbal.

Sup ini sangat umum dalam makanan Vietnam dan sangat dihargai karena khasiat obatnya. Kaldunya terbuat dari ramuan obat Cina dan buah kering seperti mugwort, kurma kering dan goji berry. Kemudian ada batang bawah rimpang yang sangat pahit yang tidak boleh dimakan di dalam sup. Supnya bisa disiapkan dengan ayam berdaging ringan biasa. Namun ayam hitam tersebut adalah jenis khusus Vietnam. Ini sangat dianjurkan untuk wanita khususnya.

3. Tiet Canh

Sup darah atau tiet canh adalah hidangan yang tidak lagi direkomendasikan. Itu karena makanan ini merupakan campuran darah hewan segar yang dibumbui dan dapat dengan mudah membawa infeksi.

Pemandangan yang lebih umum di pasar adalah sup organ hewan. Bisa dari babi, sapi, bebek atau ayam. Di warung-warung kaki lima malam, sudah biasa melihat pajangan semua organ yang mungkin, jadi Anda bisa memilih mana yang Anda inginkan dalam kuah Anda. Pilihannya bisa termasuk hati bebek, otak babi, usus atau perut sapi, atau buku-buku jari dan kaki babi biasa. Resep untuk sup organ atau sup yang menggunakan bagian hewan sangat beragam. Ini menunjukkan kebijaksanaan dan kebijakan tanpa pemborosan orang Vietnam dalam hal makanan.

4. Ok

Ketika Anda mendengar tentang siput di Vietnam, kemungkinan besar mengacu pada siput laut. Terutama di utara, di daerah Ha Long, keong sangat populer. Mereka datang dalam segala bentuk dan segala macam resep. Bun oc atau sup siput adalah hidangan klasik. Namun Anda juga dapat menikmati berbagai hidangan siput di restoran jajanan kaki lima khusus.

Siput tersedia di malam hari dan ada protokol yang jelas tentang bagaimana Anda memesannya. Pertama pilih jenis siput yang Anda inginkan , lalu cara memasak yang Anda inginkan dan terakhir, saus atau bumbu Anda.

5. Gurita mentah

Gurita mentah dapat ditemukan dari pedagang keliling yang berkeliaran di jalan-jalan Hanoi di pagi hari. Meskipun tidak begitu enak, orang Vietnam memakannya karena teksturnya, dan semua rasanya berasal dari rempah-rempah aromatik campur mint dan perilla. Dan yang terpenting, saus udang yang difermentasi.

6. Con nhong

Ulat sutera bakar atau con nhong adalah makanan jalanan yang sangat umum ditemukan. Mereka dihargai karena kualitas protein dan mineralnya.

Di wilayah Vietnam utara khususnya, ulat sutera dibiakkan di atas daun murbei di desa-desa. Saat disiapkan untuk makanan, mereka dikeringkan dan dicampur dengan garam untuk digoreng dengan kecap ikan. Anda dapat menemukannya dengan mudah sebagai hidangan pokok yang disajikan di com binh dan.

Com binh dan merupakan warung nasi prasmanan, sehingga tidak sulit untuk menemukannya jika Anda ingin mencobanya.

Anda juga akan berjumpa larva kumbang atau ulat kelapa, yang dikonsumsi terutama di daerah Delta Mekong, di Vietnam selatan. Berbeda dengan ulat sutera, ulat ini dimakan hidup-hidup, dicelupkan ke dalam kecap ikan. Dimakan dengan cara digigit kepalanya terlebih dahulu.

Jenis larva lain yang digunakan dalam masakan khas Vietnam adalah cacing sungai. Bisanya cacing sungai disiapkan dalam telur dadar goreng, dicampur dengan daging babi. Hewan tersebut dipercaya sangat bergizi dan baik untuk arthritis atau sakit fisik. Cacing ini agak mudah ditemukan di pasar, terutama di bagian ikan segar dan makanan laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro