Ilustrasi pembekuan darah/istimewa
Health

Fakta-fakta Covid-19 dan Pembekuan Darah yang Perlu Diketahui

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 22 Juli 2021 - 18:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Salah satu dari banyak komplikasi yang di temukan tentang Covid-19 adalah kecenderungan terjadinya penggumpalan darah.

Selain pembuluh darah, Covid-19 juga meningkatkan risiko pembekuan di arteri yang disebut trombosis arteri.

Gumpalan ini dapat memblokir sirkulasi darah di ekstremitas yang mengarah ke gangren. Amputasi atau pengangkatan anggota badan sebagai satu-satunya pilihan untuk menyelamatkan nyawa pasien.

Gumpalan darah ini juga dapat menyebar ke seluruh tubuh dan menimbulkan malapetaka pada organ yang jauh.

Dilansir dari indianexpress, Rabu (22/7/2021) konsultan, bedah vaskular dan endovaskular, Rumah Sakit Kokilaben Dhirubhai Ambani, Dr Raghuram Sekhar menjelaskan selama beberapa bulan terakhir ada kasus pembentukan gumpalan di arteri yang membawa darah kaya oksigen ke tubuh kita dari jantung.

Ketika aliran darah di arteri tersumbat oleh gumpalan, suplai oksigen ke bagian tubuh terputus yang mengarah ke gangren.

Jika tidak ditangani tepat waktu, dapat menyebabkan amputasi anggota badan.

"Saya telah merawat lebih dari 35 pasien Covid-19 dengan pembekuan darah ini di anggota badan selama pandemi," kata Sekhar.

Dia juga mengatakan pada gelombang kedua telah melihat kasus pada orang yang lebih muda di bawah usia 32 tahun. Gumpalan darah gangren ini agresif dan sulit diobati.

Studi menunjukkan bahwa infeksi Covid-19 menyebabkan peningkatan kekentalan darah.

Darah mengental, yang pada gilirannya menyebabkan pembentukan gumpalan. Namun, penyebab pasti dari penebalan darah belum diketahui.

Apakah ini hanya terjadi ketika pasien positif Covid? Tidak. Pada sebagian besar kasus, gejalanya baru terlihat 2-3 minggu setelah sembuh dari Covid-19.

Bahkan saat pasien dipulangkan dan dalam kenyamanan rumah mereka sendiri. Hal ini dapat menyebabkan gejala yang terlewatkan oleh pasien yang menyebabkan keterlambatan dalam pengobatan. Oleh karena itu, penting untuk memahami gejala yang ditimbulkan oleh trombosis arteri Covid-19.

Ada lima tanda awal trombosis arteri terkait Covid-19 yang harus diwaspadai, yang dapat didefinisikan dengan lima P.

Pertama adalah pain, ini untuk nyeri di tungkai yang intensitasnya meningkat secara bertahap dari waktu ke waktu membuat pasien merasakan sakit yang luar biasa. Gejala kedua adalah paresthesia yaitu mati rasa pada jari tangan dan kaki.

Ketiga adalah singkatan dari kelumpuhan, di mana kehilangan gerakan pada anggota tubuh.

Ke empat, pucat. Pucat yang dimaksud adalah karena kurangnya suplai darah kemudian membuat anggota badan
menjadi biru atau hitam seiring waktu. Kemudian pucat berpasangan dengan dingin adalah salah satu tanda pertama gangren menetap.

Gejala kelima, pada titik ini hampir tidak mungkin untuk merasakan denyut nadi pada ekstremitas.

Untuk pasien Covid-19 yang telah pulih sangat penting untuk mewaspadai gejala-gejala ini. Jika diketahui tepat waktu dan ditangani dengan tepat, pasien tersebut dapat sembuh total dari penyakitnya.

Masa penting untuk mengobati penyakit ini adalah 6-8 jam pertama setelah gejalanya terlihat.

Dalam kebanyakan kasus ketika seorang pasien tiba di rumah sakit dengan gejala-gejala ini, ahli bedah vaskular akan memeriksanya dan melakukan prosedur yang disebut doppler vaskular.

Doppler ini pada dasarnya adalah sonografi untuk pembuluh darah untuk menunjukkan penyumbatan. Setelah prosedur dilakukan, kemudian langkah angiografi juga diperlukan dalam banyak kasus.

Sama seperti ketika angiografi dilakukan pada jantung untuk serangan jantung, angiografi perifer dilakukan pada tungkai dalam kasus trombosis arteri. Ini membantu ahli bedah vaskular untuk menyimpulkan tingkat keparahan gumpalan dan membentuk rencana perawatan.

Jika pasien tiba di rumah sakit pada tahap awal, yaitu dalam waktu 8 jam hingga maksimal 24 jam bekuan darah mungkin belum mengeras sepenuhnya.

Dalam kasus seperti itu, trombolisis atau trombosuction dapat dilakukan selama angiografi, di mana obat-obatan dan bahan kimia yang diresepkan dikirim melalui pembuluh darah untuk melarutkan gumpalan.

Kadang-kadang, pasien datang terlambat dan gumpalan telah mengeras dan tidak dapat diobati dengan trombolisis. Pada saat tersebut membutuhkan operasi terbuka, dengan pasien di bawah anestesi penuh.

Prosedur tersebut disebut Embolektomi. Ini juga cukup berhasil, jika pasien datang ke rumah sakit dalam 1-2 hari pertama.

Dengan demikian, jika didiagnosis tepat waktu, nyawa dapat diselamatkan dari gangren dan amputasi.

Singkatnya, pasien harus mengetahui dan membaca dengan baik tentang gejala trombosis arteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro