Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenali Tanda-tanda Serangan Jantung Lewat Bibir

Pilihlah makanan sehat seperti, ikan berminyak, kacang-kacangan, biji-bijian dan salad. Dengan mengatur pola hidup Anda menjadi lebih sehat, maka dapat menurunkan kadar kolesterol.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 26 Juli 2021  |  14:01 WIB
Ilustrasi - Sheknows
Ilustrasi - Sheknows

Bisnis.com, JAKARTA - Serangan jantung merupakan keadaan darurat yang dapat membahayakan.

Serangan jantung terjadi karena suplai darah ke bagian jantung tiba-tiba tersumbat, yang disebabkan oleh pembekuan darah. Salah satu tanda peringatan untuk mengetahui serangan ini dapat dikenal melalui bibir Anda.

Terkadang sulit untuk bertindak berdasarkan tanda-tanda peringatan, tapi terlambat penanganan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otot jantung.

Badan kesehatan St John Ambulance mengatakan bahwa jika bibir Anda memiliki semburat biru, maka dapat mengindikasikan bahwa Anda mengalami serangan jantung. Gejala lainnya adalah denyut nadi yang cepat, lemah atau tidak teratur.

Selain itu, tanda-tanda lainnya terdiri dari sebagai berikut.
1. Rasa sakit di tengah dada dan menyebar ke rahang dan ke salah satu atau kedua lengan
2. Terengah-engah
3. Banyak berkeringat
4. Mengalami rasa sakit yang mirip dengan gangguan pencernaan
5. Pingsan tanpa peringatan
6. Pusing

Mengubah gaya hidup adalah cara paling efektif untuk mencegah serangan jantung. Salah satunya untuk memperbaiki pola makan Anda.

National Health Service (NHS) mengatakan bahwa makan makanan yang tidak sehat yang tinggi lemak akan membuat pengerasan arteri. Akibatnya dapat menjadi lebih buruk dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Makan makanan tinggi lemak akan menyebabkan lebih banyak plak lemak menumpuk di arteri Anda. Sedangkan makanan berlemak mengandung jenis kolesterol yang tidak sehat. Kolesterol adalah zat lilin yang dapat menyumbat arteri Anda, sehingga kemungkinan besar akan mengalami penyumbatan.

Penyebab terburuk untuk penumpukan kolesterol adalah makanan tinggi lemak jenuh. Mereka ditemukan dalam makanan hewani, seperti daging, mentega dan produk susu lainnya, serta makanan yang dibuat dengan bahan-bahan tersebut seperti kue dan biskuit. Lemak jenuh juga ditemukan di beberapa makanan nabati termasuk minyak kelapa dan minyak sawit.

Pilihlah makanan sehat seperti, ikan berminyak, kacang-kacangan, biji-bijian dan salad. Dengan mengatur pola hidup Anda menjadi lebih sehat, maka dapat menurunkan kadar kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bibir serangan jantung
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top