Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Manfaat Labu Botol untuk Kesehatan

Untuk mengisi kembali kadar glukosa dalam tubuh, minumlah jus lauki karena ada gula alami di dalam sayuran. Ini juga membantu menggantikan karbohidrat yang hilang selama sesi latihan.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 28 Juli 2021  |  10:17 WIB
Labu botol
Labu botol

Bisnis.com, JAKARTA — Ternyata labu botol atau lauki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Labu botol mengandung 92 persen air dan 8 persen serat. Selain itu, sayuran ini memiliki jumlah glukosa dan senyawa gula yang minim. Sehingga labu botol  dianggap sebagai makanan ideal untuk penderita diabetes.

Dilansir dari indianexpress, Rabu (28/7/2021) penelitian mengatakan mengonsumsi lauki dalam diet harian membantu mengurangi kadar gula darah.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari CSIR-Indian Institute of Chemical Technology (IICT) pada 2012, jus dari 13 sayuran dapat menghambat aktivitas enzim yang terkait dengan perkembangan diabetes mellitus tipe 2 dan obesitas.

Dari penelitian itu ditemukan bahwa setelah lobak, labu botol membantu dalam mengatur atau menghambat aktivitas enzim Protein,  yaitu Tirosin Fosfatase 1 beta yang berperan dalam meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi sensitivitas insulin.

Tak hanya diabetes saja, ada beragam manfaat kesehatan lain dari labu botol. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari lauki :

1. Menjaga tubuh tetap dingin

Agar tubuh tetap terhidrasi dan sejuk, ada baiknya menjadikan labu botol atau lauki sebagai jus.  Jika dimasak, justru akan menonaktifkan mineral dan vitamin yang ada di dalamnya. Jus labu botol membuat perut  tetap dingin dan mengurangi panas tubuh.

Anda juga bisa makan lauki rebusuntuk mendapatkan manfaat pendinginannya. Sayuran ini membantu mengisi kembali air yang hilang karena berkeringat selama musim panas dan juga merupakan obat yang bagus untuk segala jenis penyakit yang berhubungan dengan panas seperti pendarahan hidung, bisul atau jerawat.

2. Untuk mengobati ISK

Minum jus labu botol segar yang dicampur dengan beberapa air jeruk nipis adalah salah satu solusi alami terbaik untuk mengobati infeksi saluran kemih.

3. Bekerja melawan asam lambung

Kaya serat dan kandungan alkali, labu botol juga membantu dalam mengobati keasaman pada lambung.

4. Mencegah rambut beruban prematur

Labu botol juga membantu mencegah uban prematur. Karena polusi, rambut beruban prematur telah muncul sebagai masalah yang mengganggu di seluruh dunia. Minum segelas jus lauki setiap hari dapat membantu Anda mempertahankan warna dan tekstur rambut.

5. Bekerja melawan stres

Karena lauki mengandung kolin yaitu sejenis neurotransmitter, itu akan  membantu meningkatkan fungsi otak, membantu mencegah stres, depresi, dan gangguan mental lainnya.

6. Menyegarkan pasca Olahraga

Untuk mengisi kembali kadar glukosa dalam tubuh, minumlah jus lauki karena ada gula alami di dalam sayuran. Ini juga membantu menggantikan karbohidrat yang hilang selama sesi latihan. Kaya protein dan nutrisi lainnya, jus labu botol juga meningkatkan efisiensi otot Anda.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes Jus Buah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top