Seorang ibu menyusui bayinya./Istimewa
Health

Moms, Ini Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Menyusui Bayi

Janlika Putri Indah Sari
Jumat, 30 Juli 2021 - 20:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Proses menyusui merupakan momen penting dalam perjalanan menjadi seorang ibu. Asupan nutrisi, kesiapan fisik maupun mental menjadi unsur penting yang harus diperhatikan.

dr. Zidnie Prissilla Primawati, Sp.A, dokter spesialis anak di RSIA SamMarie Basra & RSUD Budhi Asih, menjelaskan, dalam proses menyusui, dibutuhkan kesiapan fisik dan mental dari sang ibu mulai dari usia awal kehamilan demi kelancaran proses produksi dan pemberian ASI.

Dari sisi fisik perlu diperhatikan kondisi payudara dan puting yang harus selalu dijaga kebersihan dan kelembabannya. Jika payudara membengkak namun tidak optimal dalam mengeluarkan ASI, aplikasikan teknik pijat laktasi untuk membuat rileks dan membantu mengeluarkan ASI yang tersumbat.

"Asupan nutrisi juga menjadi satu faktor penting yang harus menjadi prioritas sang ibu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, karena menyusui adalah proses yang panjang dan dapat menguras tenaga.” ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, katanya, faktor kesiapan mental juga tidak kalah pentingnya, terlebih di masa pandemi ini dapat menambah kekhawatiran hingga stress dan berisiko menghambat produksi ASI.

Karena itu, dia menyarankan untuk komunikasi dengan pasangan, dapatkan dukungan dari keluarga, gali inspirasi dari sesama ibu menyusui, serta lengkapi informasi yang komprehensif seputar menyusui. Meskipun saat ini tidak dapat memperoleh informasi dari fasilitas kesehatan secara leluasa, namun ibu tetap dapat mengakses beragam edukasi digital selama divalidasi oleh pakar terpercaya.

"Semua faktor ini akan membantu kondisi psikologis ibu dan meningkatkan hormon oksitosin yang berperan dalam melancarkan aliran ASI.,” tambahnya.

Sementara itu, Sabai Dieter, figur publik dan ibu dengan dua anak, mengungkapkan, bagi sejumlah ibu dan dari pengalaman pribadi, menyusui tidak semudah yang dibayangkan. Setiap ibu punya kisah perjuangan menyusui masing-masing karena memahami bahwa ASI adalah hak anak.

"Saya percaya bahwa seorang ibu harus utamakan asupan nutrisi yang salah satunya dapat dipenuhi dengan konsumsi susu berkualitas dan harus tetap konsisten dalam mencari informasi dari sumber yang terpercaya. Kombinasi keduanya dan dukungan orang-orang terdekat sangat berharga dalam menjadikan proses menyusui sebagai momen terindah dalam perjalanan seorang ibu.” ujarnya.

Riszha Gandjar, Marketing Manager Anmum, PT Fonterra Brands Indonesia, mengatakan, dalam membantu kecemasan dan tantangan yang dihadapi para ibu selama masa menyusui, oleh Anmum mendampingi para ibu melalui seri edukasi digital ‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live’.

"Kami ingin memberikan informasi yang ringkas dan lengkap, yang dibawakan dengan konsep talkshow ringan dan mudah diterima. Harapan kami melalui 7 topik seputar menyusui yang dibawakan selama 7 hari ini, para ibu semakin termotivasi untuk menjalani momen menyusui ini dengan tenang dan yakin di situasi apapun dan merayakannya sebagai sebuah perjalanan istimewa dalam membentuk ikatan kasih sayang yang kuat antara ibu dan anak.” ujarnya.

Kegiatan ini, katany, sekaligus merayakan Pekan ASI Sedunia 2021. ‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live’ diadakan selama 7 hari berturut-turut mulai 1 – 7 Agustus 2021 dengan menghadirkan para pakar mulai dari dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dokter spesialis gizi, bidan, psikolog, figur publik, hingga ibu menyusui yang akan berbagi ilmu dan tips menyusui terkini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro