Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan. /Klikdokter-Shuttlecock
Health

10 Tips Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

Rika Anggraeni
Kamis, 5 Agustus 2021 - 21:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penderita diabetes disarankan untuk melakukan gerakan fisik. Hal ini dilakukan untuk membantu mengelola diabetes dan mengurangi risiko jantung.

Selain itu, menjaga pola makanan yang sehat juga bisa membantu penderita diabetes untuk hidup lebih sehat.

“Membuat pilihan makanan yang lebih sehat penting untuk mengelola diabetes Anda dan mengurangi risiko komplikasi diabetes,” kata Ahli Diet Spesialis dan Wakil Kepala Perawatan Douglas Twenefour, dilansir dari diabetes.org.uk, Kamis (5/8/2021).

Jika Anda menderita diabetes tipe 1, penghitungan karbohidrat sangat penting untuk menjaga kadar glukosa darah tetap stabil. Anda memperkirakan berapa banyak karbohidrat dalam makanan dan mencocokkannya dengan berapa banyak insulin yang perlu Anda ambil.

Sedangkan, jika Anda memiliki diabetes tipe 2 dan Anda kelebihan berat badan, maka cara untuk menurunkan berat badan itu penting, karena itu dapat meningkatkan manajemen diabetes. Ada berbagai cara untuk melakukannya, seperti diet rendah karbohidrat, Mediterania, atau sangat rendah kalori.

“Menurunkan berat badan dapat membantu Anda menurunkan kadar glukosa darah Anda, dan sekarang kita tahu bahwa penurunan berat badan yang substansial bahkan dapat membuat beberapa orang menderita diabetes tipe 2 menjadi remisi,” jelasnya.

Berikut ini 10 tips makanan sehat untuk penderita diabetes, dilansir dari diabetes.org.uk:

1. Pilih karbohidrat yang lebih sehat

Pilih makanan sehat yang mengandung karbohidrat dan perhatikan ukuran porsi Anda.

Beberapa sumber karbohidrat yang sehat di antaranya biji-bijian utuh seperti beras merah dan gandum utuh, buah, sayuran, kacang-kacangan seperti buncis, kacang-kacangan dan lentik, serta susu seperti yoghurt tanpa pemanis.

Penting juga untuk mengurangi makanan rendah serat seperti roti putih, nasi putih, dan sereal olahan. Anda dapat memeriksa label makanan saat mencari makanan tinggi serat jika Anda tidak yakin.

2. Lebih sedikit garam

Makan banyak garam dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi yang pada akhirnya akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Cobalah untuk membatasi diri untuk maksimal 6 gram (satu sendok teh) garam sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro