Ilustrasi/Talkfeed.co.za
Health

Tips Aman Menyusui bagi Ibu yang Positif Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 6 Agustus 2021 - 17:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menyusui di kala pandemi saat ini memberikan dampak positif dan negatif bagi ibu.

Ibu harus lebih cermat menyeleksi informasi yang diserap agar dapat menjaga kualitas dan kelancaran pemberian ASI.

Masa pandemi ini membuat ibu menyusui harus lebih ketat dalam menjalankan protokol kesehatan seperti menjaga kebersihan dengan rajin cuci tangan dan untuk sementara ini membatasi kunjungan dari kerabat yang bersifat tidak darurat.

Dukungan pasangan dan keluarga juga berperan penting untuk menjaga psikologis ibu tetap positif dan tenang demi kelancaran pemberian ASI eksklusif berkualitas yang mampu membangun imunitas bayi.

dr. Zidnie Prissilla Primawati, Sp.A, dokter spesialis anak di RSIA SamMarie Basra & RSUD Budhi Asih, menjelaskan, bagi ibu yang terpapar Covid-19 juga tetap masih bisa menyusui bayinya. Jika tanpa gejala atau gejala ringan dan bisa isolasi mandiri di rumah, maka ibu dan bayi disarankan dalam satu ruangan tersendiri, karena bayi perlu skin to skin dengan ibunya dan ini terjadi saat si ibu menyusui bayinya.

"Pastikan untuk selalu cuci tangan dengan sabun sebelum menyusui dan memegang bayi, kenakan masker, tutup mulut dan hidung terutama saat bersin dan jaga kebersihan barang-barang yang digunakan bayi dengan menyemprotkan disinfektan. Jika ibu tergolong gejala sedang dan harus dipisahkan dari bayinya, maka ibu dapat memompa ASI untuk tetap menjaga stok ASI dengan menerapkan protokol kesehatan sebaik mungkin.” ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Dia menambahkan, ASI dari ibu yang terpapar Covid-19 tetap aman diberikan kepada si bayi. Selain memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan, ASI tersebut mampu meneruskan antibodi virus Covid-19 untuk bayinya, dengan demikian sistem imunitas bayi dapat lebih kuat di tengah masa pandemi ini.

Di kondisi ini, asupan nutrisi ibu menyusui harus menjadi prioritas utama agar tetap fit dan menghasilkan ASI berkualitas. Ibu dianjurkan konsumsi makanan dan minuman bergizi secara rutin yang mengandung serat dan vitamin seperti sayuran dan buah-buahan, perbanyak air putih, dan minum susu dengan nutrisi lengkap yang dibutuhkan ibu menyusui.

Untuk mendampingi ibu menyusui memperoleh informasi terpercaya di kala pandemi, Anmum mengadakan seri edukasi digital ‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live’ yang bertujuan untuk memberikan dukungan kepada ibu menyusui agar tetap tenang dan yakin dalam menikmati momen menyusui bersama Anmum, sekaligus merayakan Pekan ASI Sedunia 2021.

Riszha Gandjar, Marketing Manager Anmum, PT Fonterra Brands Indonesia, mengatakan, di satu sisi, kebijakan di rumah saja adalah hal positif bagi ibu karena dapat selalu menyusui secara langsung. Namun di sisi lain, perubahan pola hidup dan paparan informasi hoax berdampak pada psikologis ibu sehingga berisiko mempengaruhi produksi ASI.

"Pada kesempatan inilah kami mengajak ibu hamil dan menyusui menggali lebih banyak informasi dari para ahlinya di Seri edukasi digital ‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live’. Kami menghadirkan 7 topik mulai dari persiapan menyusui, faktor pendukung kelancaran produksi ASI, hingga yang terkait dengan kondisi saat ini yaitu menyusui di kala pandemi, secara ringkas dan lengkap, melalui konsep talkshow di IG Live yang mudah diakses para ibu.” paprnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro