Vaksin Moderna
Health

Vaksin Moderna Timbulkan Beragam Efek, Dokter : Jangan Khawatir

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 9 Agustus 2021 - 17:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Para tenaga kesehatan di Indonesia di wacana akan menerima suntikan vaksin moderna secara khusus.

Namun, beragam reaksi yang ditimbulkan oleh vaksin masih menjadi sorotan. Bahkan, efek yang timbul beragam pada setiap penerimaan vaksin.

Relawan Covid-19, dr. Muhammad Fajri Addai meminta masyarakat untuk tidak panik karena efek itu wajar saja terjadi pada setiap vaksin.

"Jangan kaget pada reaksi yang timbul setelah vaksinasi moderna. Saat ini Moderna adalah vaksin terbaik di dunia untuk covid-19 sehingga respon yang dihasilkan oleh moderna baik untuk tubuh," ujarnya pada Instagram resminya @dr.fajriaddai.

Fajri menjelaskan umumnya reaksi vaksin moderna akan timbulkan demam tidak enak badan.

Bahkan, berdasarkan data dari 2 juta orang yang telah suntik vaksin moderna di Amerika ini menceritakan 70 % akan nyeri, 75 % kemerahan, bengkak 13, 6 % dan bisa gatal.

Dan sisanya alami sistemik reaksi, yaitu reaksi yang dialami satu tubuh. Kemudian ada juga yang membuat lemah, sakit kepala, nyeri otot, demam mengigil, sendi nyeri, bahkan mual, muntah dan diare.

Jika terjadi demam dan tidak enak badan, yang harus dilakukan adalah banyak minum. Jangan pakai baju yang terlalu panas atau ketat.

Fajri menyarankan untuk tidak perlu minum parasetamol, ibuprofen atau anti nyeri yang lain kecuali memang nyeri. Obat itu akan mempengaruhi respon imun.

Kadar antibodi moderna paling tinggi dan nomor satu diantara vaksin lainnya. Proteksinya paling tinggi, jadi khasiatnya lebih besar dari efeknya.

Jangan juga kaget efikasinya muncul pada kulit atau lokasi suntikan. Pada satu hari pertama biasanya akan timbul local reaction side yaitu kemerahan pada lokasi suntikan, 90% persen terjadi pada wanita. Hari ketiga muncul biduran 89 % pada wanita bisa di paha tangan atau badan. Bisa muncul juga muncul cacar air. Ada juga yang seminggu kemudian baru muncul kemerahan dan nyeri. Lalu muncul merah-merah pada telapak tangan, muka, dan kaki.

"Itu covid arm namanya dan sakit sekali," tambah Fajri.

Jika timbul nyeri usai di suntik vaksin Moderna, di sarankan untuk mengompresnya atau di gerakan ringan. Jangan kaget juga kalo kelenjar getah bening yang membesar. Bahkan Inggris memberi tahu itu biasa terjadi 10 hari. Tapi itu jarang dan sedikit terjadi.

Kemudian Moderna juga berpotensi timbulkan peradangan di jantung bagi beberapa orang. Maka setelah vaksin tidak disarankan olah raga yang berat. Jangan capek dulu.

Sebaiknya istirahat sebelum dan setelah vaksin. Idealnya, hidup sehat, kurangin main handphone, kopi dan alkohol terbukti meningkatkan imun.

Dan jangan lupa tidur cukup, tidak makan besar sebelum tidur, dan kurangin stres.

Fajri menekankan jika jangan terlalu khawatir karena vaksin Moderna sudah di pakai oleh 64 negara di seluruh dunia. Moderna masih mampu melawan varian baru yaitu varian Delta. Moderna dapat mencegah rawat inap dan kematian dari satu suntikan saja.

"Vaksin ini bagus tapi ada efek samping juga yang harus diperhatikan. Jadi istirahat yang cukup supaya imun kita bagus. Dan jangan kaget dengan efek samping yang timbul. Semoga ini bisa di pahami, semoga booster ketiga
ini angka kematian dan kesakitan akibat Covid-19 bisa dikurangi pada tenaga kesehatan, " tutup Fajri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro