Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat-obatan/Freepik.com
Health

10 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tanpa Obat-obatan, Lakukan Ini Selagi Muda

Feni Freycinetia Fitriani
Senin, 30 Agustus 2021 - 16:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda telah didiagnosis dengan tekanan darah tinggi, Anda mungkin khawatir tentang minum obat untuk menurunkan angka Anda. Padahal ada 10 cara untuk menurunkan tekanan darah tanpa obat-obatan.

Dilansir dari WebMD.com, gaya hidup memainkan peran penting dalam mengobati tekanan darah tinggi. Jika Anda berhasil mengontrol tekanan darah Anda dengan gaya hidup sehat, Anda mungkin menghindari, menunda, bahkan mengurangi kebutuhan akan obat-obatan.

Berikut adalah 10 perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mempertahankannya selagi usia muda.

1. Turunkan berat badan dan perhatikan lingkar pinggang

Tekanan darah sering meningkat seiring dengan peningkatan berat badan. Kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan saat Anda tidur (sleep apnea), yang selanjutnya meningkatkan tekanan darah Anda.

Penurunan berat badan merupakan salah satu perubahan gaya hidup yang paling efektif untuk mengontrol tekanan darah. Program diet sehat dapat membantu mengurangi tekanan darah Anda. Secara umum, Anda dapat mengurangi tekanan darah sekitar 1 milimeter merkuri (mm/Hg) dengan setiap satu kilogram berat badan yang Anda turunkan.

Selain menurunkan berat badan,Anda juga harus memperhatikan lingkar pinggang Anda. Membawa terlalu banyak beban di pinggang dapat menempatkan Anda pada risiko tekanan darah tinggi yang lebih besar.

2. Berolahraga secara teratur

Aktivitas fisik secara teratur, seperti 150 menit seminggu, atau sekitar 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu, dapat menurunkan tekanan darah Anda sekitar 5 sampai 8 mm/Hg. Namun, Penting untuk konsisten karena jika Anda berhenti berolahraga, tekanan darah Anda bisa naik lagi.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, olahraga dapat membantu Anda menghindari hipertensi. Apabila Anda sudah memiliki hipertensi, aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan tekanan darah Anda ke tingkat yang lebih aman. Beberapa contoh latihan aerobik yang dapat Anda coba untuk menurunkan tekanan darah termasuk berjalan, jogging, bersepeda, berenang atau menari.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Makan makanan yang kaya biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak dan berhemat pada lemak jenuh dan kolesterol dapat menurunkan tekanan darah Anda hingga 11 mm Hg jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. Pola makan ini dikenal sebagai Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) diet.

4. Kurangi Garam

Bahkan sedikit pengurangan garam atau natrium dalam makanan Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung an mengurangi tekanan darah sekitar 5 hingga 6 mm/Hg jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

Efek asupan natrium pada tekanan darah bervariasi di antara kelompok orang. Secara umum, batasi natrium hingga 2.300 miligram (mg) sehari atau kurang. Namun, asupan natrium yang lebih rendah, 1.500 mg sehari atau kurang, sangat ideal untuk kebanyakan orang dewasa.

5. Batasi jumlah alkohol

Alkohol dapat menjadi baik dan buruk bagi kesehatan Anda. Dengan minum alkohol hanya dalam jumlah sedang, umumnya satu gelas sehari untuk wanita, atau dua gelas sehari untuk pria, Anda berpotensi menurunkan tekanan darah sekitar 4 mm/Hg. Satu minuman sama dengan 12 ons bir, lima ons anggur atau 1,5 ons minuman keras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro