Seorang pria memegang kemasan rokok/Istimewa
Health

10 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tanpa Obat-obatan, Lakukan Ini Selagi Muda

Feni Freycinetia Fitriani
Senin, 30 Agustus 2021 - 16:12
Bagikan

Berhenti Merokok hingga Jauhi Stres

6. Berhenti merokok

Setiap batang rokok yang Anda hisap meningkatkan tekanan darah Anda selama beberapa menit setelah Anda selesai. Pasalnya, Berhenti merokok membantu tekanan darah Anda kembali normal.

Bukan itu saja, berhenti merokok dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Orang yang berhenti merokok mungkin hidup lebih lama daripada orang yang tidak pernah berhenti merokok.

7. Kurangi kafein

Peran kafein dalam tekanan darah masih diperdebatkan. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah hingga 10 mm Hg pada orang yang jarang mengkonsumsinya. Tetapi orang yang minum kopi secara teratur mungkin mengalami sedikit atau tidak ada efek pada tekanan darah mereka.

Meskipun efek jangka panjang kafein pada tekanan darah tidak jelas, ada kemungkinan tekanan darah sedikit meningkat.

8. Jauhi Stres

Stres kronis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan efek stres kronis pada tekanan darah. Stres sesekali juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi jika Anda bereaksi terhadap stres dengan makan makanan yang tidak sehat, minum alkohol, atau merokok.

Luangkan waktu untuk memikirkan apa yang menyebabkan Anda merasa stres, seperti pekerjaan, keluarga, keuangan, atau penyakit. Setelah Anda tahu apa yang menyebabkan stres Anda, pertimbangkan bagaimana Anda dapat menghilangkan atau mengurangi stres.

9. Pantau tekanan darah

Pemantauan di rumah dapat membantu Anda mengawasi tekanan darah. Ini dilakukan untuk memastikan perubahan gaya hidup Anda berhasil. Jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan dokter tentang potensi komplikasi kesehatan. Monitor tekanan darah tersedia secara luas dan tanpa resep. Bicaralah dengan dokter Anda tentang pemantauan di rumah sebelum Anda memulainya.

10. Dukungan orang terdekat

Keluarga dan teman yang mendukung dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Mereka mungkin mendorong Anda untuk menjaga diri sendiri, mengantar Anda ke kantor dokter atau memulai program olahraga dengan Anda untuk menjaga tekanan darah Anda tetap rendah.

Jika Anda merasa membutuhkan dukungan di luar keluarga dan teman Anda, pertimbangkan untuk bergabung dengan kelompok pendukung (support group). Ini dapat membuat Anda berhubungan dengan orang-orang yang dapat memberi Anda dorongan emosional atau moral dan yang dapat menawarkan tips praktis untuk mengatasi kondisi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro