Ibu menyusui anaknya./Istimewa
Health

Studi: ASI Ibu Menyusui yang Divaksin Covid-19 Mengandung Antibodi

Ni Luh Anggela
Selasa, 31 Agustus 2021 - 09:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – ASI dari ibu menyusui yang divaksinasi Covid-19 mengandung pasokan antibodi yang signifikan yang dapat membantu melindungi bayi menyusui dari penyakit tersebut, menurut penelitian baru dari University of Florida.
 
Ketika bayi lahir, sistem kekebalan mereka belum berkembang, sehingga sulit bagi mereka untuk melawan infeksi sendiri.
 
“Mereka juga  terlalu muda untuk merespon secara memadai terhadap jenis vaksin tertentu,” kata Josef Neu, M.D., salah satu rekan penulis studi dan seorang profesor di departemen pediatri UF College of Medicine, melansir Hindustan Times, Selasa (31/8/2021).
 
Selama periode rentan ini, ASI memungkinkan ibu menyusui untuk memberi bayi "kekebalan pasif," jelas Neu.
 
Neu mengumpamakan ASI sebagai kotak peralatan yang penuh dengan semua alat berbeda yang membantu mempersiapkan bayi untuk hidup.  Dan vaksinasi menambahkan alat lain ke kotak peralatan, yang berpotensi sangat baik dalam mencegah penyakit Covid-19.
 
“Hasil penelitian kami sangat menyarankan bahwa vaksin dapat membantu melindungi ibu dan bayi, alasan kuat lainnya bagi wanita hamil atau menyusui untuk divaksinasi.” katanya.
 
Studi yang diterbitkan dalam jurnal Breastfeeding Medicine ini  dilakukan antara Desember 2020 dan Maret 2021, saat vaksin Pfizer dan Moderna pertama kali tersedia bagi petugas kesehatan.
 
Para peneliti merekrut 21 petugas kesehatan menyusui yang tidak pernah tertular Covid-19. Tim peneliti mengambil sampel ASI dan darah ibu tiga kali: sebelum vaksinasi, setelah dosis pertama dan setelah dosis kedua.
 
Mereka melihat respons antibodi yang kuat dalam darah dan ASI setelah dosis kedua, peningkatan sekitar seratus kali lipat dibandingkan dengan tingkat sebelum vaksinasi.
 
"Tingkat ini juga lebih tinggi daripada yang diamati setelah infeksi alami virus," kata Vivian Valcarce, M.D., seorang residen di departemen pediatri Fakultas Kedokteran UF.
 
Memvaksinasi ibu untuk melindungi bayi bukanlah hal baru. Biasanya, Valcarce mengatakan ibu hamil divaksinasi batuk rejan dan flu karena ini bisa menjadi penyakit serius bagi bayi.
 
“Bayi juga bisa tertular Covid-19, jadi vaksinasi rutin ibu terhadap virus bisa menjadi sesuatu yang kita lihat di masa depan,” katanya.
 
Dengan pemikiran tersebut, tim peneliti terus mengeksplorasi bagaimana ASI yang mengandung antibodi Covid-19 yang diperoleh melalui vaksinasi melindungi bayi yang mengonsumsinya.
 
“Kami ingin tahu apakah bayi yang mengonsumsi ASI yang mengandung antibodi ini mengembangkan perlindungannya sendiri terhadap Covid-19,” katanya. “Selain itu, kami juga ingin tahu lebih banyak tentang antibodi itu sendiri, seperti berapa lama mereka ada dalam ASI dan seberapa efektif mereka dalam menetralisir virus.”
 
Neu mengatakan labnya juga tertarik untuk mengeksplorasi potensi penggunaan terapi ASI yang dihasilkan oleh ibu yang divaksinasi.
 
Selain pertanyaan yang belum terjawab, para peneliti tetap bersemangat dan didorong oleh hasil awal mereka.
 
"Masih banyak yang kami pelajari tentang ASI dan semua manfaatnya, dan itulah yang membuat penelitian ini sangat menarik, tidak hanya bagi kami para ilmuwan tetapi juga bagi non-ilmuwan," kata Stafford, yang sedang mengejar gelar di bidang mikrobiologi dan ilmu sel di UF/IFAS College of Agricultural and Life Sciences.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro