Ilustrasi wanita alami gejala awal Covid-19/Freepik.com
Health

Orang Positif Covid Varian Delta dapat Menularkan 2 Hari Sebelum Muncul Gejala

Ni Luh Anggela
Selasa, 31 Agustus 2021 - 15:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Orang yang mengindap covid-19 varian Delta dari coronavirus mungkin dapat menularkan virus selama hampir 2 hari sebelum memiliki gejala. Perubahan ini bisa menjadi fitur utama yang mendorong lonjakan terbaru dalam kasus Covid-19, menurut sebuah studi baru.
 
Penularan presimptomatik adalah fitur dari varian virus corona sebelumnya, tetapi penelitian menunjukkan kesenjangan antara menerima tes positif dengan sistem perasaan hanya 0,8 hari. Dengan varian Delta, itu 1,8 hari. Akibatnya, hampir tiga perempat infeksi Delta terjadi selama fase presimptomatik, menurut penelitian yang dipublikasikan di Nature.
 
“Strain Delta lebih menular,” kata Dr. Stefen Ammon, direktur medis Gugus Tugas Covid-19 untuk DispatchHealth. Menurutnya, sebagian karena   individu yang terinfeksi membawa dan menyebarkan lebih banyak virus daripada versi sebelumnya, seperti dilansir dari Healthline, Selasa (31/8/2021).
 
Sementara versi Covid-19 sebelumnya sama menularnya dengan flu biasa, dia menambahkan,  varian Delta lebih menular daripada influenza musiman, polio, cacar, Ebola, dan flu burung, dan sama menularnya dengan cacar air.
 
Karena peningkatan transmisibilitas ini, Delta telah menjadi varian dominan di seluruh dunia. Dan sementara vaksin masih sangat efektif untuk mencegah rawat inap dan kematian akibat Covid-19, penelitian menunjukkan bahwa orang yang divaksinasi yang tertular virus corona, yang disebut “infeksi terobosan”, mungkin memiliki viral load setinggi orang-orang yang tidak divaksinasi, yang berarti mereka dapat menularkan infeksi.
 
“Ketika vaksin Covid-19 pertama kali tersedia, mereka menunjukkan kemampuan luar biasa untuk mencegah penerima tertular segala bentuk Covid-19, yang sebagian besar menghilangkan paparan asimtomatik dan presimptomatik yang divaksinasi dari persamaan,” kata Ammon kepada Healthline.
 
Namun, varian Delta telah mengembangkan kemampuan dalam beberapa kasus untuk sebagian menghindari kekebalan yang diberikan oleh vaksinasi, yang berarti ada lebih banyak infeksi terobosan pada individu yang divaksinasi dari varian Delta daripada yang terlihat dari versi virus sebelumnya.
 
Tapi itu tidak semua berita buruk. Studi terbaru menunjukkan pentingnya mendapatkan vaksin Covid-19 baik untuk kesehatan pribadi maupun penularan terbatas.
 
“Fakta bahwa orang tanpa gejala menyebarkan virus bukanlah informasi baru. Kami telah mengetahui bahwa orang menular sebelum mereka menunjukkan gejala selama lebih dari setahun,” kata Dr. Jason Gallagher, ahli penyakit menular dan spesialis farmasi klinis penyakit menular di Rumah Sakit Universitas Temple di Philadelphia.
 
“Namun, kami belajar lebih banyak tentang temuan ini dengan sangat cepat. Dua penelitian sekarang menunjukkan bahwa RNA virus menurun lebih cepat pada orang yang divaksinasi daripada orang yang tidak divaksinasi, menunjukkan bahwa mereka cenderung tidak menularkan virus ke orang lain,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro