Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Usus, Apa Saja Ya?

Kurangi dan sebisa mungkin hindari makanan cepat saji, gorengan, serta makanan dan minuman dengan pemanis buatan agar usus tetap sehat.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 03 September 2021  |  09:16 WIB
Saluran cerna - Istimewa
Saluran cerna - Istimewa

Bisnis.com, SOLO - Selain lambung, usus juga memiliki peran penting dalam proses pencernaan. Di samping bertugas menyerap nutrisi, ia juga mengolah sisa makanan yang tidak dapat dicerna dan membentuknya menjadi feses.

Untuk itu, agar usus bisa menjalankan tugasnya dengan baik, Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan serat.

Tak melulu harus mahal, berikut sejumlah makanan yang murah dan mudah didapatkan yang baik untuk menjaga kesehatan usus. 

1. Sayur berwarna hijau

Sayuran berwarna hijau gelap, seperti bayam dan kale, menyehatkan usus karena mengandung banyak serat. Berdasar riset yang dipublikasikan dalam Journal of Functional Food pada 2017, brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang paling direkomendasikan. Ia memiliki 2.6 gram serat per 100 gram.

2. Tempe

Selain murah, mudah didapatkan, dan mengenyangkan, tempe juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Produk fementasi kedelai tersebut mengandung probiotik dan prebiotik yang bisa membantu memperlancar sistem pencernaan.

3. Kimchi

Tak berbeda dari produk fermentasi lainnya, seperti miso dan yogurt, kimchi juga merupakan olahan yang kaya akan bakteri baik. Makanan yang dibuat dari aneka sayur, seperti sawi putih dan lobak ini dapat memberi asupan serat dan mengandung kalsium, sodium, serta vitamin C dan vitamin A. 

4. Bawang putih

Bukan sekadar bumbu dapur, bawang putih juga dikenal sebagai antibakteri alami. Kandungan senyawa, seperti arginin, selenium, dan ajoene, di dalamnya untuk membuang kotoran dari dalam tubuh. Namun, perlu diperhatikan bahwa jangan sampai mengonsumsi bawang putih terlalu banyak, sebab bisa menyebabkan masalah pada lambung, seperti diare.

5. Teh hitam dan hijau

Teh hijau dan teh hitam ini mengandung senyawa antioksidan, yang disebut catechin. Kandungan tersebut mampu melawan radikal bebas penyebab kanker usus besar.

6. Jahe

Jahe memilliki banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari membantu menenangkan dan merilekskan perut, meredakan mual, dan meringankan penyakit usus. Kandungan vitamin C, magnesium, kalium, tembaga, dan mangan, di dalamnya juga bisa membantu pencernaan dan mencegah kembung. 

7. Cuka apel

Tak hanya bisa membantu memecah dan mencerna makanan dengan merangsang cairan pencernaan, cuka apel juga memiliki sifat antivirus dan antimikroba. Dengan demikian, ia dapat mengurangi pertumbuhan bakteri di saluran gastrointestinal dan membantu membersihkan tubuh dari jamur berlebih.

8. Kaldu tulang

Kaldu tulang mengandung begitu banyak mineral dan senyawa penyembuhan. Sebut saja gelatin, kolagen, asam amino prolin, glutamin, dan arginin. Kandungan tersebut dapat membantu menutup lapisan usus, mengurangi permeabilitas, melawan peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan sehat pencernaan
Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top