Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sakit Telinga Termasuk Gejala Covid-19 Varian Delta? Ini Penjelasannya

Pakar kesehatan dari Johns Hopkins Blommberg School of Public Health, Amesh Adalja mengatakan dalam beberapa kasus, cairan di telinga selama terjangkit virus SARS-CoV-2 dapat menyebabkan infeksi
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 September 2021  |  11:06 WIB
Telinga - ilustrasi
Telinga - ilustrasi

Bisnis.com, SOLO - Seiring dengan lonjakan kasus akibat varian Delta, sejumlah pasien Covid-19 mengeluhkan sakit pada telinganya.

Menanggapi hal tersebut, Asisten profesor pediatri di Northwestern University Feinberg School of Medicine, Taylor Heald-Sargent, mengatakan bahwa belum ada data resmi yang menunjukkan sakit telinga merupakan gejala umum Covid-19 varian Delta.

Namun demikian, menurutnya masuk akal apabila pasien mengeluhkan hal tersebut.

"Sepertinya gejala varian Delta lebih banyak pada saluran pernapasan bagian atas. Jadi, masuk akal [jika] pasien dengan varian ini akan mengalami lebih banyak gejala [di] telinga," ucapnya.

Sementara itu, menurut Ellen Wald selaku dokter di UWHealth di Madison, Wisconsin, munculnya sakit telinga yang terjadi selama infeksi pernapasan dimungkinkan karena saluran hidung dan telinga terhubung melalui saluran eustachius.

Saat seseorang mengalami infeksi saluran nafas bagian atas, yang salah satunya dipicu Virus Corona, saluran hidung dapat mengalirkan lendir ke tenggorokan. Cairan tersebut lalu naik ke eustachius dan menyumbatnya.

Akibatnya, kemampuan telinga dalam mengalirkan cairan pun terganggu dan timbullah rasa sakit.

Lebih jauh, Wald mengatakan bahwa sakit telinga saat terkena penyakit pernapasan pada dasarya dapat terjadi pada siapa saja.

Umumnya, anak-anaklah yang paling sering merasakannya. Pasalnya, saluran eustachius mereka berukuran lebih kecil dan muah tersumbat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telinga Covid-19 Covid-19 Varian Delta

Sumber : Antara

Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top