Depresi/cadasorg
Health

7 Mitos Depresi yang Perlu Anda Ketahui, dan Bagaimana Menyikapinya

Ni Luh Anggela
Jumat, 3 September 2021 - 19:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Selalu tampak sedih atau menarik diri dari orang yang dicintai sering dianggap sebagai gejala depresi. Meskipun ini bisa menjadi tanda depresi, kondisi ini dapat bermanifestasi dalam berbagai cara, dan sering bergandengan tangan dengan gangguan kesehatan mental lainnya, terutama kecemasan.
 
“Seseorang dengan depresi mungkin tampak lebih mudah tersinggung atau cemas daripada sedih, bahkan jika mereka juga mengalami kesedihan secara internal,” kata Cory Newman, Ph.D., direktur Pusat Terapi Kognitif di University of Pennsylvania.
 
“Ini adalah sesuatu yang akan sering disebutkan oleh dokter kepada orang tua yang khawatir tentang perilaku anak, memberi isyarat kepada mereka bahwa kekejaman yang berlebihan dan berkelanjutan pada anak atau remaja mereka mungkin merupakan tanda depresi. Pada orang dewasa, mereka yang kurang nyaman mengekspresikan jenis emosi yang mereka kaitkan dengan kelemahan atau kerentanan mungkin lebih rentan untuk menunjukkan iritabilitas sebagai tanda depresi mereka.” tambahnya.
 
Tetapi gejala bukan satu-satunya jenis kesalahpahaman seputar depresi. Berikut lima mitos yang perlu Anda ketahui, melansir Prevention, Jumat (3/9/2021).
 
1. Mitos: Anda akan tahu jika seseorang mengalami depresi

“Banyak penderita pergi ke sekolah atau bekerja dan tampak lebih mudah tersinggung atau cemas daripada sedih,” kata Newman. Mungkin juga mereka mengalami kesulitan berkonsentrasi dan/atau berbicara atau bergerak lambat karena efek depresi pada otak juga memengaruhi beberapa fungsi motorik.
 
Kuncinya adalah mencari perubahan yang signifikan. Orang tersebut mungkin menjadi lebih argumentatif atau putus asa atau sangat kurang bersosialisasi. Mereka mungkin mulai minum lebih banyak, mulai makan karena stres, atau berhenti ingin makan. Jika Anda melihat perubahan seperti itu, "jadilah pendengar yang baik dan rekomendasikan agar mereka menemui seorang profesional," katanya.
 
2.  Mitos: Setiap orang terkadang mengalami depresi

Anda mungkin pernah mengalami perasaan tertekan di satu waktu, tetapi depresi sejati adalah diagnosis spesifik yang akan dialami sekitar satu dari enam orang dewasa dalam hidup mereka.
 
“Kesedihan adalah emosi yang cenderung datang dan pergi, tetapi depresi klinis lebih konstan dan berlangsung lama, seringkali sebulan atau lebih,” kata Newman.
 
Depresi klinis terdiri dari sejumlah gejala yang Anda alami hampir sepanjang hari, hampir setiap hari, setidaknya selama dua minggu dan Anda mungkin tidak tahu mengapa.
 
Tanda-tanda lainnya seperti, perasaan sangat bersalah atau tidak berharga, kehilangan minat pada aktivitas yang pernah Anda sukai, dan/atau pikiran untuk bunuh diri. Ada juga distimia, bentuk depresi persisten yang dapat diobati dan tidak terlalu ekstrem yang dapat surut dan mengalir. Gejalanya dapat mencakup keputusasaan, harga diri rendah, dan kelelahan. Jika Anda merasa sangat sedih selama dua minggu atau lebih dan/atau memiliki pikiran untuk bunuh diri, bicarakan dengan profesional kesehatan mental.
 
3. Mitos: Depresi hanya memengaruhi suasana hati

Suasana hati adalah bagian dari gambaran, tetapi depresi dapat menguras energi dan nafsu makan serta mengganggu tidur Anda. Ini juga terkait dengan sejumlah gejala fisik, mulai dari gatal-gatal dan migrain hingga masalah pernapasan, jantung, dan pencernaan, kata Newman.
 
“Keadaan mental dan emosional Anda dapat memicu reaksi fisik tertentu, dan sebaliknya,” katanya.
 
Tampaknya ada hubungan yang kuat antara peradangan, penyakit autoimun, dan depresi. Sebuah penelitian besar di Denmark menemukan bahwa pasien dengan penyakit autoimun 45 persen lebih mungkin dibandingkan mereka yang tidak memiliki gangguan mood. Newman menyarankan, jika Anda mungkin memiliki kondisi kesehatan, perhatikan juga kesehatan mental Anda.
 
4. Mitos: Anda hanya perlu mengatasi depresi

Ini bukan tentang kemauan. Kondisi ini sebagian disebabkan oleh, dan juga menyebabkan, perubahan fisik pada tubuh dan otak.
 
“Itu termasuk gangguan bahan kimia pengatur suasana hati, dan penderitanya tidak bisa begitu saja ‘keluar dari itu’”, kata Jocelyn Smith Carter, Ph.D., direktur pelatihan klinis di Departemen Psikologi Universitas DePaul.
 
Dengan bantuan terapis, seseorang dengan depresi dapat mempelajari keterampilan untuk mencegah gejala atau mengatasi lebih baik jika muncul, kata Newman. Misalnya, pasien belajar untuk membingkai ulang cara mereka melihat sesuatu, menolak pemikiran kalah atau tidak sama sekali, dan merayakan pencapaian kecil, yang membuat mereka merasa lebih baik dan menghindari menyerah pada diri mereka sendiri.
 
Terapi juga dapat mengajarkan orang untuk "menyelesaikan tugas dalam ledakan kecil dan membangun kembali jalan mereka untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai," kata Carter, yang selanjutnya meningkatkan suasana hati. Beberapa mungkin memerlukan obat untuk membantu menyeimbangkan suasana hati dan membantu Anda tidur.
 
5. Mitos: Depresi sangat sulit diobati

Ini sebenarnya salah satu penyakit mental yang paling sederhana untuk diobati. Bagian yang sulit adalah mendapatkan perawatan yang tepat, kata Newman, serta mengatasi kondisi seperti kecemasan, PTSD, dan penyalahgunaan zat yang sering menyertai depresi. Dengan terapi dan pengobatan (yang menurut penelitian paling efektif untuk orang dengan depresi sedang atau berat), hingga 70 persen orang dengan depresi berat menunjukkan perbaikan.
 
FDA baru-baru ini menyetujui versi ketamin sebagai pengobatan untuk beberapa penderita, dan dalam beberapa penelitian kecil penggunaan obat psikedelik untuk depresi yang resistan terhadap pengobatan dan PTSD telah menunjukkan harapan. Yang penting adalah jangan menunggu untuk mendapatkan bantuan: Semakin cepat perawatan dimulai, semakin efektif, menurut National Institute of Mental Health.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro