vaksin Covid-19 jenis Pfizer dan Moderna buatan Amerika Serikat/inquirer.net
Health

Antibodi Vaksin Moderna dan Pfizer, Mana yang Lebih Tinggi?

Ithamar Yaomi DC
Selasa, 7 September 2021 - 17:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Para peneliti dari Fakultas Kedokteran University of Virginia telah mengukur respons antibodi Covid-19 yang dihasilkan oleh vaksin Pfizer dan Moderna Covid-19. Simak penjelasan selengkapnya!

Studi yang dipublikasikan di JAMA Network Open menemukan bahwa tingkat antibodi pada penerima vaksin Moderna sedikit lebih tinggi daripada penerima vaksin Pfizer.

"Secara keseluruhan, para peneliti menemukan bahwa Moderna menghasilkan lebih banyak antibodi dalam darah setelah dosis kedua dibandingkan dengan Pfizer," indianexpress.com, Selasa (7/9/2021)

Lebih lanjut, vaksin Moderna menghasilkan 68,5 mikrogram antibodi per mililiter. Sementara itu, vaksin Pfizer menghasilkan 45,9 mikrogram antibodi per mililiter darah.

Para ilmuwan telah mengatakan bahwa seseorang tidak boleh mempertimbangkan angka antibodi sebagai dasar untuk efektivitas vaksin. Hal itu diungkapkan dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh University of Virginia.

Mereka mencatat bahwa vaksin telah menunjukkan kinerja yang luar biasa. Temuan baru ini signifikan karena hasil ini menandai langkah lain bagi ilmuwan yang menentukan apakah satu vaksin mungkin lebih unggul untuk demografi tertentu.

Sampel darah dari 167 karyawan universitas yang telah menerima vaksin dikumpulkan. Sebanyak 79 dari mereka telah menerima Pfizer sementara 88 menerima Moderna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro