Kaldu tulang atau bone broth makanan yang bikin awet muda
Health

11 Makanan yang Bikin Anda Awet Muda: Minyak Zaitun hingga Kaldu Tulang

Ithamar Yaomi DC
Rabu, 8 September 2021 - 20:56
Bagikan

Delima, Alpukat, Kaldu Tulang, dll

6. Biji rami

Biji rami memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Mereka mengandung lignan, yang dapat menurunkan kolesterol, mengurangi kadar gula darah dan insulin, sekaligus mengurangi risiko kanker payudara dan prostat.

Biji rami juga merupakan sumber asam lemak omega-3, yang melindungi kulit Anda dari radiasi matahari dan dapat mengurangi kerusakan kulit terkait sinar matahari.

Dalam studi terkontrol, wanita yang mengonsumsi biji rami atau minyak rami selama 12 minggu menunjukkan peningkatan hidrasi dan kulit lebih halus.

7. Delima

Delima adalah salah satu buah yang paling sehat. Aktivitas antioksidan mereka tampaknya bahkan lebih tinggi daripada teh hijau.

Delima mengurangi peradangan, membantu mencegah kerusakan akibat kadar gula darah tinggi dan dapat meningkatkan hasil pada pasien dengan kanker usus besar.

Buah ini juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Terlebih lagi, para peneliti menyarankan bahwa bagian yang berbeda dari buah delima dapat bekerja sama untuk memperbaiki kulit yang rusak dan meningkatkan produksi kolagen.

8. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat jantung, serat dan beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Selain itu, alpukat mengandung senyawa unik yang disebut alkohol lemak polihidroksilasi, yang dapat melawan peradangan, melindungi kulit Anda dari sinar matahari dan membantu memperbaiki DNA yang rusak.

Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan antioksidan lutein dan zeaxanthin memberikan perlindungan tambahan pada kulit dan DNA.

9. Tomat

Tomat memberikan banyak manfaat kesehatan yang mengesankan, beberapa di antaranya dapat dikaitkan dengan kandungan likopennya yang tinggi.

Lycopene adalah jenis karotenoid yang mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker prostat. Studi menunjukkan bahwa tomat juga mampu melindungi Anda dari sinar matahari yang merusak kulit.

Dalam sebuah penelitian, wanita yang makan campuran makanan tinggi likopen dan antioksidan tanaman lainnya mengalami penurunan kedalaman kerutan yang terukur setelah 15 minggu.

10. Rempah-rempah

Rempah-rempah tidak hanya menambah rasa pada makanan, mereka juga mengandung berbagai senyawa tanaman yang mungkin memiliki efek positif pada kesehatan.

Menariknya, penelitian menunjukkan beberapa rempah-rempah bahkan dapat membantu kulit Anda terlihat lebih muda. Kayu manis telah terbukti meningkatkan produksi kolagen, yang dapat meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit. Kayu manis juga dapat mengurangi kerusakan kulit yang terjadi sebagai akibat dari produk akhir glikasi lanjut, yang terbentuk ketika kadar gula darah tinggi.


11. Kaldu Tulang

Kaldu tulang (bone broth) baru-baru ini menjadi sangat populer di kalangan orang yang sadar kesehatan. Dibuat dengan memasak tulang dari daging, unggas atau ikan untuk waktu yang lama, mampu melepaskan mineral dan komponen bermanfaat lainnya.

Meskipun tidak ada penelitian yang dipublikasikan tentang kaldu tulang itu sendiri, ada bukti yang menunjukkan bahwa kolagen di dalamnya dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Saat dimasak, kolagen terurai menjadi gelatin, yang kaya akan asam amino glisin, prolin, dan hidroksiprolin. Tubuh Anda dapat menyerap asam amino ini dan menggunakannya untuk membentuk kolagen baru di kulit Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro