Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspada Penyakit Ini, Saat Diet Keto  

Penelitian mengungkapkan bahwa diet keto bisa menyebabkan penyakit ginjal kronis dan diabetes.
Annasa Rizki
Annasa Rizki - Bisnis.com 13 September 2021  |  18:40 WIB
Waspada Penyakit Ini, Saat Diet Keto  
Ilustrasi - Pxlfitness

Bisnis.com, JAKARTA -  Diet keto akhir-akhir ini cukup terkenal karena terbukti efektif dalam menurunkan berat badan. Namun, para pelaku diet juga harus mengetahui ada beberapa makanan terlarang.

Para pakar kesehatan khawatir akan diet ini karena keto menyebabkan tubuh kekurangan karbohidrat secara drastis. Diet ekstrim ini juga dapat menyebabkan penyakit jangka panjang.  

Mengutip dari Eat This, Not That!, tujuh peneliti di kedokteran dan institusi nutrisi di AS dan Kanada mengakui bahwa metode diet ketogenik yang sangat membatasi asupan karbohidrat dan menempatkan parameter waktu puasa dapat mempengaruhi bagaimana tubuh memetabolisme lemak. Namun, setelah peninjauan, mereka mengatakan bahwa diet ketogenik mungkin lebih besar daripada manfaatnya. 

Konsumsi tinggi daging, keju, minyak, dan makanan lainnya tanpa diseimbangi dengan nutrisi yang tepat akan meningkatkan risiko penyakit kronis.   

Neal Barnard, MD, profesor di Fakultas Kedokteran Universitas George Washington menyatakan bahwa makanan yang dikonsumsi oleh para diet keto menyebabkan kanker usus, penyakit jantung, dan alzheimer. Penelitian juga mengungkapkan bahwa diet keto menyebabkan penyakit ginjal kronis dan diabetes. 

Barnard menambahkan bahwa penelitian terbaru juga menunjukkan para pelaku diet keto meningkatkan risiko terpapar karena kurangnya asupan nutrisi yang cukup.  

Jadi, meskipun mungkin menarik untuk menggunakan baju dan celana favorit anda, atau bahkan menginjak timbangan dan melihat angka itu menurun, lakukanlah penelitian sebelum melakukan diet keto. 

Konsumsi  buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian menyediakan mineral, antioksidan, dan nutrisi lain yang dapat membantu menangkal penyakit kronis ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat menu diet seimbang diet
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top